RAGAM

Camat Rinhat Prioritaskan Tiga Program Kerja

BETUN, Kilastimor.com-Camat Rinhat dalam tahun ini mengutamakan tiga program kerja yakni kebersihan lingkungan, pembersihan kebun/lahan warga, dan kunjungan kerja pada 20 desa di wilayah kecamatan Rinhat. Dalam menjalankan program kerja diatas, menggunakan pendekatan budaya. Camat dan jajarannya harus tampil di depan untuk memberikan contoh. Penegasan itu disampaikan Camat Rinhat, Albertus Bria kepada wartawan di Biudukfoho pagi tadi.

Albertus Bria

Albertus Bria

“Kita sudah menjalankan satu program yakni kebersihan lingkungan pada 20 desa di kecamatan Rinhat. Seluruh kades dan jajarannya tampil sebagai penggerak utama dalam program itu untuk menginformasikan dan menggerakkan warga untuk melakukan kebersihan lingkungan di masing-masing rumah. Sarana-sarana umum seperti kantor desa, gereja, lembaga pendidikan harus bersih termasuk pemukiman penduduk. Program itu sudah berjalan satu bulan dan hasilnya cukup menggembirakan, karena wajah kecamatan Rinhat saat ini sudah mulai berubah,” sebutnya.

“Kita harapkan timbul kesadaran baru bagi warga untuk menjaga kebersihan lingungan dimana dia tinggal. Program ini tetap digalakkan kedepan sehingga warga terbiasa membersihkan lingkungan dimana dia tinggal. Kita juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan seluruh kades dan sudah mengagendakan untuk melakukan pemeriksaan kebun masyarakat, apakah sudah bersih dan siap tanam dalam musim tanam pertama akhir tahun ini. Kita akan sweeping di kebun warga disetiap desa untuk mengetahui persis apakah warga sudah menyiapkan kebunnya supaya siap tanam. Kita akan lakukan itu bersama tim kecamatan, mulai bulan september dan october mendatang,” terang dia.

“Targetnya kita inginkan semua warga memiliki kebun dan memanfaatkan potensi di desa terutama untuk berkebun. Kita harapkan warga tidak kekurangan pangan tetapi harus surplus karena secara keseluruhan warga memiliki kebun pribadi. Kalau warga tetap tidak mau membersihkan lahannya, kita dari tim kecamatan sudah siap untuk membantu membuatkan kebun bersama warga desa lainnya dan bila sudah bersih, baru panggil pemiliknya secara adat, untuk melihat hasil kerja yang sudah dilakukan. Dengan cara itu bisa menggugah warga supaya lebih giat dan tidak lalai berkebun setiap tahun,” imbuhnya.

Program Camat yang terakhir dalam tahun ini adalah melakukan kunjungan kerja pada 20 desa di Kecamatan Rinhat. “Camat bersama jajaran di Kecamatan akan mengunjungi setiap desa. Pagi hari akan melakukan kerja bakti bersama warga membersihkan lingkungan. Sore hari melakukan dialog dengan seluruh komponen masyarakat di desa dan malam hari dilaksankan malam kesenian, yang menampilkan budaya-budaya lokal masyarakat desa itu. Kita akan menggugah dan menggerakkan masyarakat secara bersama merawat dan memelihara lingkungan dengan program desa bersih. Melalui dialog bersama kita juga akan mengetahui apa sesungguhnya persoalan dan masalah yang dihadapi di desa itu. Malam kesenian itu juga untuk menggali kembali nilai-nilai budaya masyarakat, yang mulai punah dan ditinggalkan warga,” pungkasnya. (oni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top