HUKUM & KRIMINAL

Jaksa Tahan Sekretaris KPU TTS

SOE, Kilastimor.com-Dua tersangka korupsi dana Penyelenggaran Pilkada di Kabupaten TTS tahun 2013 lalu, ditahan penyidik Kejaksaan Negeri SoE pada Selasa (25/8).
Keduanya adalah Soleman Kabu yang adalah Sekretaris KPU TTS bersama Adel Bana yang ketika itu menjabat sebagai bendahara pengelola dana Pilkada. Keduanya dibawa ke Rumah Tahanan (Rutan) SoE sekitar pukul 17.10 dengan menggunakan mobil operasinal Kejaksaan Negeri SoE.
Sebelum ditahan, dua tersangka menjalani pemeriksaan selama 6 jam yang dimulai sejak pukul 10.00 wita hingga pukul 17.10 wita yang kemudian dibawa ke Rutan SoE.

Penyidik Kejari Soe menahan salah tersangka dugaan korupsi dan Pilkada TTS.

Penyidik Kejari Soe menahan salah tersangka dugaan korupsi dan Pilkada TTS.

Kejari SoE Oscar Douglas Riwu,SH melalui Kasie Pidsus Raden Arry Verdiana,SH kepada wartawan menjelaskan bahwa, berdasarkan perhitungan penyidik Kejaksaan kerugian negara berkisar Rp 1 miliar lebih dari total anggaran Pilkada berdasarkan yang tertera dalam ABPD dan DPA.

“Menurut perhitungan kami kerugian negara berkisar Rp 1 miliar lebih,” jelas Jaksa Arry sembari mengatakan, walau demikian perhitungan penyidik kejaksaan tersebut hanya sebagai pembanding, karena pihak tetap menunggu hasil perhitung dari lembaga yang ditunjuk oleh UU, yang akan dipakai dalam penyelesaian kasus tersebut.
“Kita tetap menggunakan hasil perhitungan BPKP dan itu yang akan kita pakai,”jelas Arry lebih lanjut.

Sementara untuk alasan penahanan terhadap kedua tersangka tersebut menurut Jaksa Arry, adalah agar tidak menghilangkan barang bukti, tidak melarikan diri dan tidak mengulangi perbuatan.
Untuk Soleman Kabu dalam pemeriksaan didampingi penasihat hukumnya Herry Battileo, SH. Sedangkan Adel Bana didampingi pengacaranya Simon Tunmuni,SH.

Baca Juga :   Konsisten Sosialisasi, SBS-DA- dan Tabe Berbagi Dukungan di Laenmanen

Pantauan wartawan, sebelum dibawa ke Rutan Oetimo-SoE tersangka Adel sempat menitikan air matanya hadap penyidik Jaksa Khausul Fuad,SH. Sebelum dibawa, Adel Bana sempat bertemu dengan suami dan bapak kandungnya dan mengantarnya ke mobil operasional Kejaksaan. Sementara Soleman Kabu hanya didampingi pengacaranya. Tidak terlihat baik, istri mau sanak keluarganya ketika Soleman Kabu dibawa ke rutan Oetimo-Soe. (pap)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top