RAGAM

Komunitas Anak Bangsa Gelar Pesta Rakyat di Perbatasan RI-RDTL

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pemerintah Desa Silawan didukung Komunitas Anak Bangsa Pengubah Bangsa menggelar pesta rakyat di Mota’ain, Silawan, Kecamatan TasTim, Kabupaten Belu, Perbatasan RI-RDTL, Kamis (20/9/2015).

Pasar rakyat ini baru dilakukan pertama kalinya di wilayah yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Timor Leste. Kegiatan yang digagas oleh Komunitas Anak Bangsa Pengubah Bangsa bersama warga Silawan ini, dalam rangka memperingati HUT ke-70, RI.

Pesta Rakyat Silawan

Pesta Rakyat Silawan

Amin selaku Koordinator Komunitas Anak Bangsa Pengubah Bangsa menuturkan, pesta rakyat yang digelar hari ini dalam rangka memperingati HUT RI ke-70 di perbatasan Mota’ain. Hal ini dimaksudkan, agar warga Silawan di perbatasan dapat menikmati kemeriahan HUT RI.

“Kami gelar pesta rakyat ini dengan tujuan agar warga perbatasan bisa menikmati kemeriahan. Dengan pesta rakyat ini bisa jadi penyemangat bagi warga dalam menjalani kehidupan di wilayah perbatasan yang menjadi beranda terdepan NKRI,” urai dia.

Dalam kegiatan pasar rakyat, selain menampilkan hasil kreatifitas lokal, akan dilakukan bazaar pakaian layak pakai, makanan yang dengan harga terjangkau, paket sembako murah juga beragam perlombaan seperti lomba hias perahu, lomba tarik tambang serta lomba panjat pinang.

“Kita mau ciptakan suatu suasana dimana masyarakat bersukacita dan melihat keadaan perbatasan Silawan,” ucap dia.
“Setiap kepala keluarga akan diberikan satu kupon seharga Rp 25.000. Nanti kupon itu akan ditukarkan sembako, kalau dirupiahkan sekitar Rp 70.000,” sambung Amin.

Kegiatan pasar ini juga merupakan satu stimulan untuk kedepannya dapat meningkatkan pariwisata di perbatasan Mota’ain yang memiliki keunikan yang bisa dijual ke wisatawan asing juga sebagai serambi terdepan negara Indonesia. “Hasil dana yang digalang dalam kegiatan ini akan disumbangkan ke Desa untuk bangun dermaga guna meningkatkan pariwisata di Belu khususnya perbatasan Mota’ain,” pungkas Amin. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top