EKONOMI

Personil Polri Wajib Jaga Netralitas

ATAMBUA, Kilastimor.com-Dalam rangka menjamin stabilitas kamtibmas selama berlangsungnya Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Belu dan Malaka, Polres Belu menggelar operasi Kepolisian kewilayahan mandiri dengan sandi “Mantap Praja Kasih 2015”. Gelar operasi pasukan itu sendiri, berlangsung di Lapangan Umum Atambua, Timor Barat, perbatasan RI-RDTL, Rabu (26/8).

Tampak Kapolres menyematkan pita operasi kepada personil polisi, TNI dan pihak terkait lainnya.

Tampak Kapolres menyematkan pita operasi kepada personil polisi, TNI dan pihak terkait lainnya.

Kapolres Belu, AKBP Raja Sinambela selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya mengatakan, apel gelar pasukan dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel Polres Belu dan kelengkapan sarana prasarana Polri serta unsur terkait, sebelum diterjunkan ke lapangan.

“Polres sebagai penanggung jawab keamanan di wilayah Belu dan Malaka, berkewajiban untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan pemilukada Bupati-Wakil Bupati,” ujar dia.

Menurut Raja, perlu dicermati pada pelaksanaan pemilihan tersebut terdapat berbagai potensi kerawanan yang memerlukan perhatian serius seluruh personel sejak dini, agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata yang dapat mengganggu dan menghambat penyelenggaraan pemilukada.

Selama proses pemilukada berlangsung di Belu dan Malaka, personel harus mengendepankan kegiatan preemetif dan preventif yang didukung kegiatan intelejen, penegakan hukum, kuratif dan rehabilitasi dalam rangka mengamankan setiap tahapan inti pemilu.

“Mencermati tantangan tugas itu, saya perintahkan seluruh jajaran, untuk mengawal, mengamankan setiap tahapan pemilu dengan sebaiknya-baiknya. Juga mewujudkan terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif, agar dapat memberikan rasa aman bagi para penyelenggara dan peserta pemilu,” ujar Raja.

Baca Juga :   2.672 Warga Belu dan Malaka Dapat Bantuan Listrik Gratis

Dikatakan, dalam implementasinya melibatkan personel Polres Belu, Brimob dengan bantuan perkuatan personel TNI dan Linmas untuk mengamankan masyarakat pemilih yang tersebar pada TPS-TPS di kedua wilayah. Kepada seluruh jajaran agar secara proaktif terus memperkokoh sinergi Polisional dengan penyelanggara pemilukada, TNI, masyarakat serta mitra keamanan lainnya guna mendukung kesuksesan pemilukada agar dapat berjalan aman lancar dan damai.

“Saya tegaskan agar seluruh personel Polri tetap menjaga netralitas, dengan tidak berpihak kepada kelompok tertentu, dalam memberikan pelayanan maupun tindakan kepolisian lainnya selama berlangsungnya tahapan-tahapan pemilihan Bupati-Wakil Bupati,” tukas Raja.

Akhir amanat, dirinya berpesan agar seluruh personel siapkan mental, fisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja sebelum bertugas. Juga perkokoh kerja sama dengan seluruh penyelenggara pemilu, unsur TNI, Pemkab serta segenap komponen, tingkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman lakukan pengawasan serta pengendalian secara melekat terhadap pelaksanaan operasi serta kinerja anggota. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top