POLITIK

Semua Orang Belu Bersaudara, Hindari Kampanye Hitam agar Tetap Damai

ATAMBUA, Kilastimor.com-Deklarasi kampanye damai yang diucapkan pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Belu jangan hanya di mulut saja, tapi dilaksanakan dalam masa kampanye nanti, sebab semua orang Belu bersaudara.
Penegasan itu disampaikan Kapolres Belu, AKBP Raja Sinambela dalam deklarasi kampanye Calon Bupati-Wakil Bupati Belu, Kamis (27/8/2015) di Lapangan Umum Atambua, Timor Barat, perbatasan Indonesia-Timor Leste.

Tiga pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Belu, bacakan ikrar kampanye damai.

Tiga pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Belu, bacakan ikrar kampanye damai.

Menurut Raja, dalam kampanye masing-masing pasangan calon Bupati-Wakil Bupati adu program kerjanya, jangan kampanye hitam. “Selama proses kampanye tidak boleh saling bermusuhnan dan mematuhi seluruh peraturan perundang-undangan yang ada,” tandasnya.

Dalam kampanye rapat umum, massa yang membawa kendaraan terbuka, apalagi membawa anak-anak, tolong dijaga massanya selama kampanye berlangsung. “Saat ini kami sedang adakan evaluasi interen. Kami akan lakukan penertiban bagi yang melakukan pelanggaran,” ucap dia.

Dikatakan, Polres Belu berkomitmen menjaga netralitas selama proses Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Belu, dan tidak ada yang melakukan pro ke salah satu paket. “Jika ada anggota yang terang-terang mendukung paket tertentu, silakan dilapor untuk diambil tindakan,” tegas Raja.

Dirinya mengajak seluruh komponen masyarakat agar melaksanakan dan mensukseskan seluruh tahapan Pemilihan hingga akhir penetapan, tanpa ada pelanggaran hukum. “Marilah kita pilih yang terbaik dari antara tiga paslon ini,” harap dia.

Ketua Panwaslu Belu, Andre Parera mengemukakan, tahapan lalu telah berjalan dengan baik, karena itu di tahapan kampanye ini harus berjalan aman, damai hingga masa akhir kampanye tanggal 5 Desember. “Pesta ini adalah pesta demokrasi dan seluruh rakyat Belu, mari kita jaga serta awasi pesta ini agar menjadi berkualitas dan bermartabat dan menghasilkan Bupati-Wakil Bupati yang bermartabat bagi rakyat Belu,” tutur Parera.

Sementara itu, Ketua KPU Belu Marthins Bara Lay mengatakan, kita memasuki tahapan kampanye yang berlangsung hingga tanggal 5 Desember dan kita harus awali dengan ikrar kampanye ketiga passangan Calon Bupati-Wakil Bupati Belu. Kami menyerahkan seluruh proses ini ke masyarakat Belu dan satu suara menentukan masa depan masyarakat Belu.

“Siapapun yang terpilih itu pemimpin kita, jadi perbedaan yang ada tidak melunturkan persaudaraan kita. Marilah semua pendukung ketiga Paslon dan masyarakat untuk sukseskan pemilihan ini,” harap Bara Lay.

Acara deklarasi itu ditandai dengan pembacaan ikrar kampanye damai tiga Calon Bupati-Wakil Bupati Belu, Falens Pareira-Cyprianus Temu (Fans-Mu), Willybrodus Lay-J.T Ose Luan (Sahabat) dan Ventje JR Abanit-Bona Bowe (Venna).
Selesai pembacaan dilanjutkan dengan penandatangan ikrar kampanye damai ketiga pasangan Calon, Ketua KPU, Ketua Panwas dan Kapolres. Acara berakhir dengan dilakukan pawai memperkenalkan para Paslon mengelilingi kota Atambua yang melibatkan kurang lebih 100 kendaraan yang membawa massa pendukung dengan pengawalan ketat dari Polres Belu. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top