EKONOMI

Dinas Pertanian TTS Siapkan Bantuan Bibit Bagi Petani

SOE, Kilastimor.com-Dinas Pertanian Kabupaten TTS saat ini sudah menyiapkan bantuan bibit bagi para petani yang mengalami kekurangan bibit untuk ditanam pada musim tanam tahun 2015 ini.

Jagung Hidbrida

Jagung Hidbrida

Menurut Kadis Pertanian TTS, Otniel Neonane yang ditemui di ruang kerjanya Jumat pekan kemarin menjelaskan, bantuan bibit yang akan dibagikan kepada para petani yang membutuhkan, berupa bibit padi, jangung, kacang kedele, bawang merah yang bersumber dari bantuan pemerintah pusat, Provinsi NTT dan bantuan dari Pemerintah Kabupaten TTS.
“Kita sudah siapkan bantuan bibit bagi para petani yang mengalami kekurangan bibit pada musim tanam tiba,” jelas Neonane.

Neonane menguraikan jumlah dari bantuan bibit yang disiapkan pemerintah yaitu bantuan yang bersumber dari APBN berupa jagung hibrida berjumlah 75 ton untuk ditanam pada areal sebesar 5.000 ha. Sementara bantuan yang bersumber dari APBD Provinsi sebanyak 48 ton serta yang bersumber dari APBD Kabupaten TTS sebanyak 10 ton jagung komposit.
Sementara untuk bantuan bibit padi lanjut Neonane berjumlah 75 ton dan bawang merah berjumlah 750 kg.
Bantuan bibit jagung juga berasal dari bantuan sosial yang berjumlah 15 ton atau 14.850 kg.

Menurut Neonane, agar bantuan tersebut tepat sasaran pihaknya sudah menugaskan petugas dalam hal ini menteri tani untuk melakukan pendataan terhadap kelompok atau perorangan yang mengalami kekurangan bibit untuk ditanam pada musim hujan tiba. Pendataan tersebut juga termasuk kesiapan lahan-lahan yang nantinya akan ditanam.

Baca Juga :   Pemkot Kupang akan Tindaklanjuti Temuan BPK Soal Penyertaan Modal Bagi BUMD

“Saya sudah minta manteri tani untuk mendata dari jumlah yang dibutuhkan, termasuk jumlah lahan petani yang sudah siap tanam,” jelas Neonane.

Jika dalam pendataan tersebut terdapat kekurangan benih (bibit) maka pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat maupun Provinsi NTT serta Pemkab TTS untuk permintaan penambahan benih. (pap)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top