HUKUM & KRIMINAL

Dua Jenazah Warga Timor Leste Dipulangkan. Konsul: Proses Hukum akan Diikuti

ATAMBUA, kilastimor.com-Dua jenazah Warga Negara Asing (WNA) asal Timor Leste, Martha Mendoza dan Julio Robert corea, yang ditemukan tewas kamar Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Atambua, dipulangkan ke Timor Leste, Minggu (6/9/2015).

Cipriano Manca Teme

Cipriano Manca Teme

Sebelum dipulangkan ke negara asal, kedua korban masih menjalani proses outopsi di Rumah Sakit Umum Mgr. Gabriel Manek Atambua oleh tim Dokter Forensik Polda NTT, Sabtu kemarin.

Perwakilan Consul Agen RDTL untuk Indonesia di Atambua, Cipriano Manca Teme mengatakan, pihaknya tengah menghubungi Kementerian Luar Negeri Timor Leste, untuk pemulangan dua jenasah.

“Kita sudah kontak kemarin untuk hari ini kita pulangkan dua jenasah, meski korban laki-laki belum ada keluarga, jenasahnya tetap kita pulangkan,” ungkap dia kepada media di Rumah Sakit.

Jelas Teme, nantinya kedua jenasah tersebut akan disimpan di Rumah Sakit di Kota Dili. Sementara untuk jenasah laki-laki sudah dilaporkan ke Polisi dan Kemenlu untuk mencari keluarganya. “Setelah itu keluarga mengambil jenasahnya kemudian dibawa pulang ke rumah keluarga masing-masing,” ujar dia.

Menurut Teme, sejauh ini untuk proses dokumen pemulangan kedua jenasah dan keluarga korban tidak ada masalah. Pihak Timor Leste telah siap menerima jenasah kedua korban dan nanti jenasah korban disemayamkan di Aileu dan Liquisa.

“Mereka (korban) merupakan warga saya, dan saya berada disini untuk berikan perlindungan dan pelayanan bagi masyarakat Timor Leste,” ucap dia.

Ketika ditanyai soal kematian dua korban yang dianggap keluarga ada kejanggalan, Teme menuturkan pihak Consul masih konsen dengan pemulangan jenasahnya dan langkah lain setelah proses penguburan selesai.

“Nanti kita akan upayakan proses hukum lanjutan. Kita fokus pulangkan kedua jenazah dulu,” pungkasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top