POLITIK

Klaran Prioritaskan Pembangunan Ekonomi Desa

BETUN, Kilastimor.com-Calon Bupati Malaka, Agustinus Klaran mengatakan jika terpilih dan dipercaya rakyat Malaka dalam pilkada mendatang, maka akan membangun dari desa. Salah satu sentral perhatian yang harus dilakukan memberdayakan potensi lokal masyarakat khususnya hasil bumi supaya memiliki nilai jual guna meningkatkan pendapatan masyarakat kecil di desa.
Hal itu dikatakan Agustinus Klaran kepada wartawan usai mengunjungi empat titik pertemuan di Kecamatan Malaka Timur yakni di Kusa ( Tatook dan Buitae), Wemeda (Maubesi) dan Rai Ulun (Foho Kiik dan Rafau Fehan).

Agustinus Klaran-Paulus Seran Bauk

Agustinus Klaran-Paulus Seran Bauk

“Tadi kita bersama tim kerja dalam perjalanan di Malaka Timur sempat melayat keluarga yang meninggal di desa Kusa (Bui Tae) karena jatuh dari pohon asam saat mau panen asam. Peristiwa itu sangat memprihatikan kita semua karena gara-gara memanjat asam yang nilainya Rp 2000 per kg, harus mengorbankan nyawa untuk menghidupi keluarga,” terangnya.

“Ini contoh ketidakadilan dalam harga penjualan hasil asam per kg nya tidak bisa digunakan untuk membeli beras 1 kg, demi memenuhi kebutuhan keluarga. Hasil Bumi adalah potensi yang dimiliki di desa sehingga harus bisa menjadi sumber penghasilan petani di desa. Asam, Kemiri, pinang, palawija adalah hasil yang sering dijual petani di desa untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kalau petani kita mau hidup di desa, maka tata niaga hasil bumi itu diatur supaya bisa menjadi sumber penghasilan yang diandalkan di desa,” imbuhnya.

Baca Juga :   Ini Nama Pejabat Eselon III Pemkot yang Dilantik

“Tata niaganya harus diatur termasuk bahan baku yang ada bisa diolah menjadi bahan setengah jadi atau bahan jadi baru dijual sehingga bisa meningkatkan pendapatan petani di desa,” tambahnya.

“Semuanya hanya bisa terjadi kalau seorang pemimpin memiliki niat untuk membangun dari desa. TULUS sangat yakin bisa membangun ekonomi masyarakat Malaka yang dimulai dari desa. Faktanya, semua hasil itu ada di desa sehingga roda ekonomi masyarakat desa harus dibangun dan digerakkan supaya masyarakat desa hidup. Kalau semua desa ekonominya berkembang maka nadi kehidupan dan perputaran uang di desa ada,” tutupnya. (oni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top