POLITIK

KPU: Alat Peraga Kampanye Dipasang Pasangan Calon

BETUN, Kilastimor.com-Pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho, spanduk dan umbul-umbul di Malaka akan dipasang tim paslon pada tempat-tempat strategis, agar memudahkan pengawasan dan keamanan alat peraga kampanye tersebut. Secara aturan, harusnya APK dipasang KPU tetapi berdasarkan kesepakatan tim masing-masing paslon supaya dilakukan saja tim kerja, agar bisa menjamin kemanan alat-alat peraga itu.
Hal itu disampaikan juru bicara Komisioner KPU NTT, Gasim kepada wartawan usai melaksanakan rapat koordinasi dengan ketiga ketua tim paslon dan Panwaslu di Kantor KPU Malaka di Betun hari ini.

Pilkada

Pilkada

“Tadi dalam rapat bersama ketiga ketua tim paslon dan memutuskan demikian untuk menjaga keamanan alat peraga yang dipasang. Harusnya sesuai aturan KPU yang memasang namun diambil kebjikan itu dalam rakor dengan pertimbangan bahwa tim mengetahui tempat-tempat strategis, untuk pemasangan dan mengetahui juga tempat pemasangan yang aman sehingga tidak hilang atau dirusak orang tak bertanggung jawab,” terangnya.

“Terkait Alat Peraga Kampanye ada keterlambatan pengadaan oleh KPU, karena kesalahan Undang-undang. KPU baru melakukan pemesanan alat peraga itu setelah dilakukan penarikan nomor urut. Rentan waktu itu tidak memudahkan KPU untuk mengadakan secara cepat karena harus menempuh mekanisme tender pengadaan. Untuk mengatasi itu kita buat kebijkan bagi semua paslon untuk tetap memasang alat peraga yang dibuat sendiri, sambil menanti APK yang disiapkan KPU,” katanya.

Baca Juga :   Bupati Ngada dan Kontraktor Ditetapkan Sebagai Tersangka Oleh KPK

Ketua Panwaslu Malaka, Gaspar Seran kepada wartawan membenarkan keterlambatan itu. “Kita sudah berkoordinasi dengan KPU dan ketiga tim paslon terkait APK dan kita memberi waktu 20 hari kepada KPU untuk menyediakan sarana-sarana itu dan waktunya sudah lewat. Tadi kita sudah menanyakan kepada KPU terkait penyediaan APK dan menurut penjelasan akan diadakan dalam waktu dekat, karena masih memperbaiki gambar dari salah satu paslon yang kurang jelas,” tandasnya. (oni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top