HUKUM & KRIMINAL

Lagi, warga Timor Leste Diamankan Imigrasi Atambua

ATAMBUA, Kilastimor.com-Petugas Imigrasi mengamankan Damiao Bere-Mau Ramos, asal Timor Leste, karena melintas ke Indonesia tanpa memiliki dokumen resmi berupa paspor dan visa.
“Tadi pagi petugas kita amankan di lampu merah Sentral, sekitar jam 07.15 Wita, ketika akan kembali ke Timor Leste,” ungkap Kasi Lalulintas dan Status Keimigrasian, Adityo Agung Nugroho, Selasa (8/9/2015).

WNA Timor Leste

Menurut Adityo, warga tersebut langsung dibawa ke Kantor Imigrasi, dan setelah melakukan interogasi warga yang bersangkutan tidak memiliki dokumen resmi paspor dan visa yang berlaku saat melintas ke wilayah Indonesia.

“Sesuai pengakuan dia datang kemarin sore ke Indonesia untuk bertemu istrinya, yang merupakan WNI yang tinggal di kompleks Tenukiik, tapi belum menikah secara gereja. Dia juga mengaku sebagai salah satu aparat keamanan pemerintahan yang bertugas di Perbatasan Batugade-Mota’ain dan ada bawa Id Card anggota tapi sudah tidak berlaku lagi,” ujar dia.

Selaku Plh Kakanim Atambua, pihaknya telah melakukan interogasi dan sedang melakukan proses berita acara. Sementara itu terkait pelanggaran dikenakan pasal 113 dan 119 ayat 1 UU nomor 6 tahun 2011 tentang melintas illegal ke Indonesia tanpa memiliki dokumen resmi. “Setelah ini laporannya akan langsung kita sampaikan ke pimpinan wilayah,” tutur dia.

Lanjut Adityo, kasus tersebut oleh pihak Imigrasi telah dilaporkan ke Perwakilan Consulat RDTL untuk Indonesia di Atambua guna proses selanjutnya. Sebab sesuai petunjuk dari kantor wilayah harus segera dideportasi ke negaranya. “Hari ini kita langsung deportasi ke negara asalnya,” ucap dia.

Baca Juga :   Minim Akses Pasar, Pemkab Malaka Perlu Intervensi Kerajinan Tenun Ikat

Pantauan media ini, Consulat Cipriano Manca Teme mendatangi Kantor Imigrasi dan langsung bertemu dengan warganya Damiao Bere-Mau Ramos didampingi istri WNI. Nampak Cipriano menanyakan identitas warga dan mengapa sampai ditahan Imigrasi Indonesia. Ramos mengaku dirinya masuk ke Indonesia kemarin sore melalui PLB untuk bertemu istrinya di Atambua. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top