RAGAM

Pasien Penderita Ispa di RS SK .Lerik Meningkat

KUPANG, Kilastimor.com-Akibat peralihan musim yang melanda Kota kupang dan sekitarnya, mengakibatkan jumlah masyarakat Kota Kupang yang mengalami infeksi saluran pernapasan (Ispa) meningkat.

dr.Ivyane Luanlaka

dr.Ivyane Luanlaka

Sesuai data pada Rumah Sakit (RS) SK. Lerik, pasien yang mendapat perawatan di Rumah Sakit (RS) S.K. Lerik, pada dua bulan terakhir yakni pada bulan Juni hingga Juli meningkat signifikan.

Kepala Bidang Cacatan dan Rujukan Medis RS S.K.Lerik, dr. Ivyane Luanlaka kepada wartawan di RS S.K. Lerik mengatakan, sesuai catatan dan rujukan, pasien Ispa cukup meningkat. Pasien ini lebih banyak rawat jalan.

“Untuk bulan Juni terdapat pasien Ispa ini sebanyak 142 pasien yang terdiri dari laki-laki sebanyak 63 orang pasien, dan perempuan sebanyak 79 orang pasein. Sedangkan di bulan Juli sebanyak 19 orang yenag terdiri dari laki_laki sebanyak 10 orang pasien,dan perempuan 9 orang pasien,” katanya.

Menurutnya, mereka yang terserang Ispa rata-rata adalah pasien BPJS. ”Mereka terserang Ispa, paling banyak adalah rujukan dari Puskesmas dan dokter keluarga,” ujarnya.

Dia mengaku, penanganan akan pasien Ispa ini, sebenarnya secara preventif ditangani di Puskesmas, sehingga untuk RS hanya ditangani pada pasca rujukan.

Terpisah Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Kupang, Maurits Kalalena mengatakan, musim kemarau saat ini mengakibatkan penderita Ispa banyak. “Wabah ini dipengaruhi oleh dinamika cuaca yang terjadi. Peran Puskesmas sangat perlu untuk terus mengingatkan warga yang berkunjungan ke Puskesmas,” katanya. (rif)

Baca Juga :   Kekeringan, Satu Juta Rumah di Taiwan Dijatahi Air Bersih
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top