RAGAM

Satgas Yonif 725/WRG Gelar Pengobatan Gratis Bagi Warga Salore, Belu

ATAMBUA, Kilastimor.com-Warga Tulakadi, Desa Salore, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Timor Barat, NTT, mendapat pelayanan kesehatan berupa khitanan atau sunatan serta pengobatan massal secara gratis, dari Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 725/Woroagi.

Tampak petugas kesehatan dari Satgas Pamtas sedang memberi pelayanan kepada masayarakat Salore.

Tampak petugas kesehatan dari Satgas Pamtas sedang memberi pelayanan kepada masayarakat Salore.

Kegiatan perdana Satgas Yonif 725/Woroagi di wilayah Sektor Timur perbatasan Belu dan Timor Leste digelar di balai Kantor Desa Tulakadi, bekerjasama dengan Puskesmas Haliwen serta Dinas Kesehatan Kabupaten Belu, Senin (28/9/2015).

Dansatgas Yonif 725/Woroagi, Mayor Inf. Norman Syahreda mengatakan, kegiatan bhakti sosial ini berupa khitanan dan pengobatan gratis. Kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Pos Salore, mengingat warga sangat membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Kegiatan kesehatan ini akan kita lakukan di seluruh jajaran. Ini kita lakukan awal di pos Salore, setelah itu bergiliran sampai ke pos Laktutus,” ujar dia.

Berdasarkan data, terdapat 14 warga yang telah mendaftar untuk mengikuti proses khitanan. Sementara untuk pengobatan massal sekitar 34 warga dan tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan warga, karena ada juga warga dari Pos Asulait yang datang untuk berobat.

“Kita kerjasama dengan Puskesmas Haliwen. Mereka juga membantu tenaga medis, karena yang rutinitas puskesmaa, dan kita tetap membekap,” ujar Nurman.

Ditambahkan, selain pelayanan kesehatan digelar pula kegiatan belajar mengajar pada sekolah yang melibatkan prajurit Satgas Pamtas di Desa Silawan. Kegiatan belajar mengajar dilakukan sebab di sejumlah masih terdapat banyak kekurangan tenaga pengajar.

Baca Juga :   KPAD Malaka Harus Gencar Sosialisasikan HIV/AIDS

Letda CKM dr Muhammad Aswim Bahar selaku tim Dokter Sagtas mengemukakan, dari pemeriksaan kebanyakan warga mengalami batuk-batuk dan Ispa dikarenakan lingkungan yang berdebu. Selain itu, ada juga demam, asam urat dan beberapa jenis penyakit lainnya. “Obatnya kita siapkan untuk pengobatan bagi warga dan gratis,” kata Aswim.

Stefanus Suri warga dusun Dubanas Desa Salore mengatakan dirinya sangat bersyukur dengan kegiatan pengobatan massal oleh Satgas Pamtas Yonif 725. Kegiatan ini sangat membantu warga kurang mampu untuk berobat. (yan)

Download

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top