EKONOMI

Tiga Desa Malaka Barat Dilanda Kekeringan. Dinas Teknis Diminta Segera Tangani Pola Pengairan Sawah

BETUN, Kilastimor.com-Tiga desa di wilayah Kecamatan Malaka Barat masing- masing Desa Loofoun, Rabasa Haerain dan Rabasa saat ini dilanda kekeringan. Akibatnya, ratusan hektar lahan sawah di wilayah itu terlantar lantaran tidak diolah dan ditanami padi pada musim tanam kedua. Pasokan air dari DAS Benenain ditutup warga di wilayah Desa Lakulo-Kecamatan Weliman, sehingga petani di ketiga desa itu tidak mendapatkan air yang cukup untuk mengairi areal persawahan.
Solusinya, dinas teknis yang mengatur lalulintas air, harus mengoptimalkan pembagian air secara adil supaya semua sawah warga dapat dialiri air irigasi. Hal itu sisampaikan Camat Malaka Barat, Yustinus Nahak kepada wartawan di ruang kerjanya hari ini.

Ilustrasi Kekeringan Sawah

Ilustrasi Kekeringan Sawah

“Kita sudah melakukan koordinasi selama ini dengan petugas pengatur air, tetapi persoalan air masih juga belum tuntas selama tiga tahun terakhir. Akibatnya, setiap tahun pada musim tanam kediua warga di ketiga desa diatas tidak bisa menanam padi pada areal yang ada. Masyarakat Desa Lakulo yang berada di hulu, setiap tahun menutup secara sepihak air pada saluran utama sehingga air, tidak mengalir ke hilir sehingga warga tidak bisa mengolah lahannya,” terangnya.

“Kita sudah mengupayakan mengatasi persoalan itu tetapi seolah tidak ada solusi sehingga warga selama tiga tahun terrakhir enggan menanam jagung saat kekurangan air. Kalau diatur secara baik, ya airnya sangat cukup tetapi petugas penjaga pintu air tidak bertugas secara optimal. Harusnya petugas lebih jeli melihat persoalan itu dan lebih aktif untuk mengawasi penggunaan air oleh petani. Kita sudah menyampaikan persoalan ini pada dinas teknis terkait, namun hingga saat ini belum ada tindakan konkrit di lapangan sehingga hal itu sangat merugikan petani di wilayah ketiga desa itu,” tandasnya. (oni)

Baca Juga :   Malaka Barat Gelar Lomba Pelayanan Sosial Dasar
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top