POLITIK

TULUS akan Optimalkan Bendungan Benenain

BETUN, Kilastimor.com-Paslon Bupati/wakil Bupati Malaka, Agustinus Klaran-Paulus Seran Bauk akan mengoptimalkan pemanfaatan DAS Benenain, untuk mengairi lahan pertanian masyarakat. Pasalnya, selama sepuluh tahun terakhir air tetap menjadi momok bagi petani, karena selalu kekurangan air yang berdampak pada gagal panen dan rawan pangan.
Hal itu disampaikan juru bicara paket TULUS, Vinsen Kehi Lau di Betun hari ini.

Vinsen Kehi Lau

Vinsen Kehi Lau

“Kita punya daerah irigasi Malaka dan diatas kertas Malaka kaya potensi dan tidak kekurangan pangan. Anehnya, tiap tahun petani kita mengeluh karena kekurangan air, bahkan tidak kebagian air. Ini karena belum ada sistim pengelolaan DAS Benenain secara optimal,” jelasnya.

“Kalau pertanian kita mau maju, ya harus urus khusus air di DAS Benenain. Pengelolaannya harus baik dan dioptimalkan pemanfaatannya. Saya sering turun dan bertemu petani kita di Malaka tengah sering mengeluhkan kurangnya air yang dipasok dari DAS Benenain,” terangnya.

“Kita patut pertanyakan, karena kita punya potensi air tetapi sering kekurangan air setiap tahun. Ini namanya konsep salah urus. Aneh sekali Malaka punya DAS Benenain dengan hamparan sawah diatas 15 ribu ha tetapi tiap tahun rakyat kita mengeluhkan kekurangan pangan dan masih tergantung raskin,” ujarnya.

“Pola pikir dan konsep kerja kita harus diubah dan Paket TULUS sangat konsisten untuk memperhatikan persoalan air dan sistem irigasi terpadu untuk memberdayakan potensi DAS Benenain secara optimal. Air untuk irigasi pertanian merupakan kebutuhan vital warga Malaka saat ini sehingga harus dijadikan agenda perhatian utama untuk diselesaikan. TULUS sangat konsen dengan persoalan itu guna pencapaian swasembada pangan di Malaka,” tandasnya. (oni)

Baca Juga :   Pemkab Prioritaskan Ranperda Tentang Urusan Wajib
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top