RAGAM

16 Warga Eks Tim-Tim Repatriasi ke Timor Leste

ATAMBUA, Kilastimor.com-Sebanyak 16 warga eks Timor-Timur, yang sudah sekira 15 tahun menetap di wilayah NTT, Indonesia, pasca eksodus 1999 lalu, memilih pulang ke Negara Timor Leste, Sabtu (3/10/2015).
Kembali pulang atau repatriasi warga empat kepala keluarga itu sendiri, difasilitasi oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) CIS Timor Kupang, melalui pintu lintas batas Mota’ain, Desa Silawan, Kecamatan Tastim, Kabupaten Belu, Timor Barat.

CIS Timor

CIS Timor

Umbu Rame Bunga, staf CIS Timor yang hubungi membenarkan adanya repariasi. Dari empat KK yang ada, dua kepala keluarga asal dari Desa Manusak, Kabupaten Kupang dan dua KK lainnya dari Sukabitetek, Desa Leuntolu Kecamatan Raimanuk.

“Yang dua KK asal Desa Manusak kembali ke Desa Baguia, Distric Baucau, Timor Leste. Sementara dua KK asal Sukabitetek kembali ke Desa Babulu Lopurdu, Distric Same,” ujar Umbu.

Menurut dia, pemulangan keempat kelapa keluarga dari Indonesia ke Timor Leste ini, merupakan permintaan warga sendiri tanpa ada paksaan dari pihak manapun. CIS Timor hanya memfasilitasi dari Kupang hingga pintu batas Mota’ain, selanjutnya akan diterima teman-teman LSM dari Timor Leste.

“Kita sebatas fasilitasi warga yang akan kembali ke Timor Leste. Untuk dokumen menyangkut warga itu masing-masing diurus kepala keluarganya,” terang Umbu.

Ditambahkan, sebelumnya pihak CIS Timor juga telah melakukan koordinasi dengan pihak Konsulat Timor Leste di Kupang, terkait dengan empat kepala keluarga dengan jumlah jiwa 16 orang, yang akan kembali ke distric Baucau dan Same.

Salah satu kepala keluarga, Calistro Fraga Ximenes mengatakan, kepulangan dirinya bersama keluarga ke daerah asalnya di Baucau atas kemauan sendiri, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top