HUKUM & KRIMINAL

Bone Lau Pimpin BNN Kabupaten Belu. Pintu Perbatasan Rawan Penyelundupan Narkoba

ATAMBUA, Kilastimor.com-Ferdinandus Bone Lau dilantik jadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Belu, Timor Barat, Perbatasan Indonesia-Timor Leste.
Pelantikan berlangsung di Gedung Gedung Betelalenok Atambua, Selasa (20/10/2015) oleh Kepala BNN Propinsi NTT Sulistiandriatmoko. Bersama Bone, dilantik juga tiga staf BNNK, Victor Fahik sebagai Kasi Rehabilitas, Gregorius sebagai Kasi pencegahan dan pemberdayaan masyarakat, dan Alfonsius Berek sebagai Kasubag Umum.

Kepala BNN NTT lantik Kepala dan pejabat BNN Belu.

Kepala BNN NTT lantik Kepala dan pejabat BNN Belu.

Dalam sambutannya, Sulistian mengatakan, alasan dibukanya kantor BNN di Kabupaten Belu berdasarkan analisis kajian intelijen BNN pusat dan BNN Provinsi NTT, dimana wilayah perbatasan Belu Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Timor Leste, dan menjadi sasaran sindikat jaringan internasional, untuk melakukan penyelundupan narkotika ke wilayah Indonesia.

“Saat ini pintu perbatasan jadi jalur utama dan sudah banyak yang memasukan narkotika lewat pintu perbatasan Belu dari Timor Leste ke wilayah Indonesia,” ucap dia.

Lanjut Sulistian, BNN mengemban fungsi pencegahan, fungsi pengembangan masyarakat, rehabilitas, dan fungsi pemberantasan. Khusus wilayah Kabupaten Belu BNN akan lebih fokus pada fungsi pencegahan dan pengembangan masyarakat.

“Secepatnya kita akan lakukan langkah-langkah pencegahan dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Belu. Tapi kalau lambat maka wilayah perbatasan akan jadi pusat dari peredaran narkotika,” ujar dia.

Sementara itu, Kepalah BNN Kabupaten Belu, Ferdinandus Bone Lau mengatakan, langkah awal dalam tahun 2015 pihaknya akan melakukan tindakan pencegahan dan pengembangan masyarakat, dan ditahun 2016 melakukan penindakan.
“Tindakan pencegahan awalnya akan kita lakukan sosialisasi tentang bahayanya Narkotika beberapa titik keramaian juga sekolah-sekolah,” ucap Kabag Tatapem Setda Belu itu.

Baca Juga :   Pemuda Malaka Tengah Harus Utamakan Hukum Cinta Kasih

Selesai acara pelantikan tersebut, kesempatan itu juga dimanfaatkan oleh pihak BNN yang langsung menggelar tes urine terhadap seluruh Pejabat esalon serta PNS Kabupaten Belu. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top