POLITIK

FansMu Prioritaskan Program Pengembangan Petani dan Peternak

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Belu, Falentinus Pareira-Cyprianus Temu prioritaskan program bagi petani dan peternak di Kabupaten Belu. Paket dengan tagline Fans-Mu diusung Partai PDI Perjuangan, NasDem dan PPP, akan memperjuangkan peningkatan produksi komoditi pertanian dan pendapatan petani maupun peternak.
Demikian orasi politik Falentinus Pareira dalam kampanye akhir zona 3 di Dusun Bekotruik, Desa Raimanus, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL, Sabtu (31/10/2015).

Kampanye paket FansMu di Raimanuk.

Kampanye paket FansMu di Raimanuk.

Menurut Pareira, program unggulan paket nomor satu yakni prioritaskan masyarakat petani (sawah) dan peternak (sapi) di wilayah Raimanuk. “Dari dulu masyarakat piara sapi tapi tidak tahu pakan ternak. Saya sudah keliling dan tidak ada satu petani yang punya pakan ternak,” ujar dia.

Dikatakan, program pemerintah lima tahun yang datang akan membuat lima hektare pakan ternak sapi. Ditargetkan mencapai 1.000 hektare dan kami akan bagi habis di 9 Kecamatan dalam wilayah Belu, per Kecamatannya rata-rata 100 hektare. “Untuk masyarakat prospek lima tahun yang akan datang saya yakin akan lebih baik bagaimana masyarakat di bantu dalam hal pakan ternak dan 100 hektare akan jadi contoh untuk masyarakat lainnya,” papar Pareira.

Bagi petani di sepanjang persawahan yang tidak ada air akan dikerjakan 1.000 titik mata air, satu hektare sawah yang bukan di wilayah irigasi dibantu tempat air 10×10. Disiapkan juga program 1000 unit pompa air bagi masyarakat petani, sehingga dalam setahun masyarakat tidak hanya menanam satu kali tapi bisa dua kali. “Ini program unggulan paket Fans-Mu untuk masyarakat petani dan peternak dalam lima tahun kedepan,” ucap dia dihadapan ratusan massa dan simpatisan Fans-Mu.

Adapun juga program bidang ekonomi yakni, pengadaan 1.000 hand traktor yang akan berikan kepada masyarakat selama lima tahun, juga akan mengatasi keluhan petani akan pupuk, nantinya pemerintah yang akan membelanja dan distribusi ke kelompok tani.

Selain itu diprioritaskan juga program revitalisasi pemerintah desa. Khusus untuk pemdes harus diperhatikan, sebab revitalisasi tersebut menuju gerakan desa membangun. Juga ada 20.000 unit prorgam peningkatan kualitas perumahan dan pemukiman di wilayah Belu.

Dokter Mikael Suri yang turut hadir dalam kampanye itu mengatakan, masyarakat Raimanuk semua harus berkomitmen berikan dukungan sepenuhnya kepada paket Fans-Mu. Calon Bupati Dokter Falens mempunyai kemampuan memimpin.

“Jadi saya dukung tidak sembarang. Kita lihat orang mampu baru kita dukung seperti Pak Falens dan Cypri. Saya minta berikan pilihan yang baik sehingga tanggal 9 Desember semua jatuhkan pilihan kepada paket no satu,” harap Suri. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top