HIBURAN

Festival Timoresia 2015 Kembali Digelar di Atambua

ATAMBUA, Kilastimor.com-Kabupaten Belu jadi tuan rumah Festival Timoresia tahun 2015. Kegiatan festival budaya antar Indonesia dan Timor Leste rutin diselenggarakan setiap tahun.
Even Festival Timoresia akan dipadukan dengan kegiatan Belu Expo, Gerakan Cinta Rupiah dan Perayaan HUT 99 Kota Atambua pada tanggl 16 Oktober mendatang, di Lapangan Umum Atambua, Perbatasan RI-RDTL.

Festival Timoresia

Festival Timoresia

Adapun jadwal dan rangkain event tersebut, Senin 12 Oktober diawali dengan kegiatan drag race bike di Simpang Lima, dilanjutkan dengan demo masakan kuliner dan pada malam pembukaan belu expo serta festival budaya lomba Likurai di Lapangan Umum.

Rabu 13 Oktober pada lokasi yang sama digelar drag race ojek, dan dillanjutkan lomba likurai dan tebe.
Pada tanggal 14 Oktober, akan digelar lomba lari 10 K, dan lomba tebe. Sedangkan karnaval budaya karnaval budaya ditanggal 15 Oktober dan festival Timoresia, yang dihibur artis. Pada 16 Oktober tebe kolosal pemecahan Rekor Muri pakul dan akhir kegiatan kampanye gerakan cinta rupiah dan panggung hiburan artis Ibu kota.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belu, Dominikus Mali mengatakan, dalam even tersebut dimeriahkan tebe massal yang melibatkan 3.000 orang penari dengan nuansa budaya ciri khas kabupaten Belu. “Kita melibatkan berbagai eleman masyarakat dan akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan tebe massal,” ujar dia belum lama ini.

Baca Juga :   Operasi Zebra, Puluhan Kendaraan di Malaka Terjaring

Menurut Mali, tebe sebagai bentuk hiburan kepada masyarakat yang akan ditampilkan dalam memeriahkan even tersebut. Tarian tebe merupakan tradisi budaya di wilayah Belu yang mengandung nilai-nilai budaya, yang hingga kini tetap dianut masyarakat Belu.

“Kita akan jadikan tebe ini sebagai ikon dikalangan masyrakat Belu. Jaga terus dan budayakan terus tarian budaya trdisional orang Belu agar tidak punah,” ajak Mali. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top