RAGAM

HUT ke-70, TNI Harus Dekat dengan Rakyat

ATAMBUA, Kilastimor.com-Penjabat Bupati Belu, Wilhelmus Foni mendapat kehormatan jadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Ulang Tahun ke 70 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di lapangan umum Atambua, Kabupaten Belu, Timor Barat, NTT, perbatasan Indonesia-Timor Leste, Senin (5/10/2015).

Logo HUT TNI

Upacara dihadiri Forkompinda Belu, SKPD Belu, Pamen TNI/POLRI, Purnawiran TNI, Pimpinan BUMN/BUMD. Adapun peserta upacara dari satu pleton prajurit Kodim 1605/Belu, Yonif 744/SYB, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 725/WRG, Prajurit Brimob/Polisi Polres Belu, Satpol PP, PNS, Pramuka serta pelajar Mahasiswa.

Willem Foni sapaan akrab penjabat Bupati Belu saat membacakan sambutan Presiden, Joko Widodo mengatakan, anggota TNI yang bertugas dimanapun, menapaki usia yang ke 70. TNI bisa menggunakan momentum sebagai TNI rakyat dan profesional.

“Tema HUT ke-70, bersama rakyat TNI kuat, handal, profesional, siap mewujudkan indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian. Ini harus dijalankan,” ucap Foni ketika membacakan amanat Presiden RI.

TNI dilahirkan dari rahim rakyat, hubungan TNI dan rakyat adalah seperti ikan dan air yang saling membutuhkan satu dengan lainnya. Untuk itu TNI harus menegaskan diri sebagai Tentara rakyat, sebagai Tentara rakyat, TNI tidak boleh melupakan, menyakiti dan menjaga jarak dengan rakyat tapi harus dekat dengan rakyat.

“Hanya bersama rakyat, TNI menjadi kekuatan yang disegani dan diperhitungakan. TNI harus mampu menjaga wilayah perbatasan. Anggota TNI sebagai bangsa yang majemuk, TNI tidak boleh sekat-sekat dalam suku, ras dan sebagainya tapi TNI adalah satu,” ujar dia.

Baca Juga :   SMAN Harekakae Dibanjiri Calon Siswa Baru

Diakhir amanat Presiden menghimbau kepada seluruh TNI untuk terus meningkatkan kemampuan dan profesionalisme dimanapaun bertugas, peliharalah kekompakan TNI dan jaga kemanunggalangan TNI, karena dengan rakyat TNI kuat. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top