RAGAM

Jeriko Perjuangkan 46 Mahasiswa NTT untuk Beasiswa Bidikmisi

JAKARTA, Kilastimor.com-Jefri Riwu Kore, Anggota Komisi X DPR RI mengharapkan agar pimpinan-pimpinan Perguruan Tinggi (PT) di NTT, diantaranya, Rektor Universitas Nusa Cendana Kupang, Rektor Universitas Terbuka, Direktur Politiani Kupang, dan Koordinator Kopertis Wilayah VIII dapat merealisasikan Surat Menristekdikti tertanggal 22 September 2015 agar perguruan tinggi yang dimaksud, segera menetapkan 46 mahasiswa yang diusulkan Jefri Riwu Kore mendapatkan beasiswa bidikmisi.
Hal ini diterangkan Jefri diruang kerjanya dikomplek senayan DPR RI (1/10/2015).

Jefry Riwu Kore-Ian Haba Ora

Jefri Riwu Kore-Ian Haba Ora

“Menristekdikti telah memberi sinyal positif agar mahasiswa yang masuk dalam data aspirasi Jeriko untuk ditetapkan sebagai calon penerima bantuan beasiswa bidikmisi. Hal ini harus disambut baik oleh pimpinan perguruan tinggi di NTT, karena mahasiswa yang didaftarkan melalui aspirasi Jeriko, memang betul-betul perlu dibantu,” ucap Jefri.

Surat Kemenristekdikti yang ditandatangani Dirjen Dikti Intan Ahmad yang ditujukan ke pimpinan PT di NTT, agar menetapkan calon mahasiswa dalam daftar Usulan Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi, sebagaimana terlampir dalam surat DR. Jefri Riwu Kore Nomor: 020/A-445/VIII/2015, ditetapkan sebagai mahasiswa bidikmisi di Perguruan Tinggi dimaksud apabila lulus seleksi dan layak serta memenuhi ketentuan.

Jefri meminta agar pimpinan PT di NTT secepatnya dapat merealisasi surat Kemenristekdikti dari jalur aspirasi DPR RI. “Ini adalah langkah baik agar mahasiswa yang diperjuangkan ditetapkan sebagai penerima bidikmisi. Penetapannya sangat bergantung pada PT tempat mahasiswa tersebut kuliah. Mereka sangat cerdas dan berprestasi namun terkendala biaya kuliah sehingga mereka perlu dibantu. Saya sebagai anggota DPR RI harus sungguh-sungguh memperhatikan mereka para kader muda bangsa ini untuk ditambah kualitas sumber daya manusianya melalui jenjang pendidikan tanpa harus memikirkan biaya kuliah,” jelas Jefri.

Baca Juga :   Bupati Malaka Perintahkan Inspektorat Periksa Oknum Guru yang Protes Pos COVID-19 di Desa Barada

Ia pun menuturkan jumlah mahasiswa yang terlampir dalam daftar usulan tersebut sejumlah 46 orang yang masing-masing tersebar dalam 18 orang mahasiswa di Undana, 11 orang mahasiswa di Universitas PGRI Kupang, 10 orang mahasiswa di universitas Artha Wacana Kupang (Unkris), 6 orang mahasiswa di Politeknik Pertanian Kupang, 1 orang di Universitas Terbuka Kupang.

Terpisah, Ian Haba Ora Koordinator Jeriko Center Kupang dimintai tanggapan di ruang kerja Anggota DPR RI menegaskan, Jeriko telah berupaya agar anak-anak di NTT yang berprestasi namun terkendala dengan biaya kuliah untuk dapat ditetapkan dalam bantuan beasiswa bidikmisi, sehingga para mahasiswa dapat belajar tanpa memikirkan biaya kuliah dan dapat membanggakan jika NTT kumpulan anak-anak yang cerdas.

Ia pun menuturkan jika saat ini Jefri Riwu Kore melalui Jeriko Center sedang mendata anak-anak cerdas namun terkendala biaya kuliah untuk diperjuangkan mendapatkan beasiswa PPA, selain bidikmisi. Diharapkan nantinya semua anak-anak tersebut dapat terserap dalam bantuan beasiswa PPA sesuai kriteria yang ditetapkan. “Bukan hanya itu saja, Jeriko center juga sedang mendata bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti S2 dan S3 untuk dibantu pemerintah melalui beasiswa.
Diprioritaskan bagi mereka yang ingin mengabdikan dirinya menjadi aktivis pendidikan seperti dosen dan guru-guru,” tutup Ian yang juga mahasiswa program Doktor IPB Bogor ini. (*/fed)

Baca Juga :   TULUS Bertekad Lawan Kemiskinan Masyarakat Malaka
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top