HUKUM & KRIMINAL

69 Kasus Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak Ditangani Polda NTT

KUPANG, Kilastimor.com-Penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang ditangani di Kepolisian Daerah (Polda) NTT khususnya Direskrimum hingga Januari sampai September 2015, sebanyak 69 kasus.

AKP Bertha Hangge sedang menyampaikan materi penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

AKP Bertha Hangge sedang menyampaikan materi penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Jumlah ini belum dipilah, karena ini hanya baru ditingkat Polda belum di tingkat Polres dan Polsek jajaran. Dalam perhitungan berepa persen kasus kekerasan ini biasanya diakhir tahun baru bisa di sampaikan,” kata AKP Bertha Hangge kepada wartawan usai membawakan materi pada pada acara pelatihan konseling bagi perempuan lintas agama Kota Kupang yang diselenggarakan oleh Lembaga Rumah Perempuan Kupang yang didukung oleh AFSC di Hotel Olive Kupang, Kamis (12/11).

Menurutnya, kasus yang ditangi oleh PPA Polda NTT yang berjumlah 69 kasus. Saat ada sebagian yang penanganannya ditingkat penyidikan. Tetapi berdasarkan jumlah tersebut ada, sekitar 70 persen yang didalamnya yakni kasus kekerasan terhadap perempuan.

Sementara disinggung soal vonis yang pantas dijatuhkan bagi pelaku kekerasan seksual, dirinya mengaku, berkaitan kasus kekerasan ini dalam keputusan atau vonis bagi pelaku kekerasan lebih banyak diketahui oleh Lembaga Rumah Perempuan Kupang, sebab mereka yang melakukan pendampingan hingga pengadilan. Sementara di tingkat Direskrimum hanya memproses laporan si tersangka.

“Untuk penanganan pelaku kasus kekerasan ini,kami hanya sebatas pada penyerahan tersangka dan barang bukti kepada jaksa penuntut hukum. Tapi yang saya ketahui ancaman hukum secara umum 15 tahun, terkait kekerasan seksua, tetapi pada umumnya putusannya bagi pelaku kasus kekerasan di Pengadilan Negeri 1 Kupang minimal 8 tahun hingga hukuman maksimal,” katanya. (rif)

Baca Juga :   Semester Satu 2016, Dua Orang Tewas Akibat Lakalantas di Betun
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top