RAGAM

Jefri Riwu Kore: Pemda Jangan Tunggak Tunjangan Sertifikasi Guru

JAKARTA, Kilastimor.com-Pemerintah daerah baik kabupaten dan kota di NTT, untuk tidak menunggak pembayaran tunjangan sertifikasi bagi guru. Pasalnya, tunjangan sertifikasi guru merupakan hak setiap guru penerima. Penegasan ini disampaikan anggota DPR RI, Jefirston R. Riwu Kore, saat dihubungi, Jumat kemarin.

Jefirston R. Riwu Kore

Jefirston R. Riwu Kore

Dikatakan, dirinya mendapat banyak pengeluhan dari para guru, terkait pembayaran sertifikasi guru. Misalnya, ada di Kabupaten Belu dan sejumlah daerah lainnya, baru membayar tunjangan guru triwulan pertama, sementara saat ini sudah dekat akhir triwulan empat.

Tidak saja itu tambahnya, dia juga mendapatkan laporan terkait dengan adanya tunggakan pembayaran tunjangan sertifikasi guru dua sampai tiga bulan, pada tahun-tahun sebelumnya, dan hingga kini belum dilunasi.

Kondisi ini jelasnya, merugikan para guru penerima, dimana hak-haknya diabaikan oleh pemerintah daerah. “Kita minta segera tuntaskan pembayaran sertifikasi guru tahun 2015, maupun sisa tunggakan tahun-tahun lalu,” tukas politisi Demokrat yang kerap disapa Jefri Riwu Kore (Jeriko) itu.

Dikatakan, dalam rapat konsultasi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bersama Dirjen Guru, pihaknya telah meminta agar tunjangan itu ditransfer langsung ke rekening guru penerima. Namun kenyataannya, masih ditransfer ke rekening Pemkab/Pemkot dan baru diteruskan ke rekening guru.

“Seusai reses, kita akan segera bertemu Mendikbud, agar pola pembayaran sertifikasi guru dirubah dan ditransfer langsung ke rekening guru penerima, agar tidak terjadi penunggakan seperti saat ini. Jelas guru dirugikan dengan kondisi ini,” tuturnya.

Baca Juga :   Tundukan Obor FC, Buifena Lolos

Pada kesempatan itu, anggota Komisi X, DPR RI itu juga mempertanyakan, seperti apa pengelolaan bunga bank dari dana sertifikasi guru. “Kalau dananya di bank, pastinya ada bunga bank. Ini harus jelas pengelolaannya,” katanya.

Atas informasi itu, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud, Sumarna Suraparatna mengatakan, Pemkab/Pemkot di NTT, segera menuntaskan pembayaran tunjangan sertifikasi guru. “Tidak ada alasan Pemkab/Pemkot menahan hak para guru itu. Dana sertifikasi guru, sudah kita transfer ke rekening Pemkab/ dan Pemkot,” paparnya.

Dikatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi kedepan, agar tidak terjadi penundaan apalagi terjadi penunggakan pembayaran sertifikasi guru. Hal ini perlu agar diketahui masalah dan hambatannya. (fed)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top