HUKUM & KRIMINAL

Lanjutkan Penyidikan, Bea Cukai Atambua Tetapkan Satu Tersangka Penyelundup Mobil Cadillac

ATAMBUA, Kilastimor.com-Upaya pengembangan kasus penyelundupan mobil Cadillac dari Timor Leste ke Indonesia melalui jalan tikus Motaain, terus dilakukan Bea dan Cukai.
Kasi Penindakan dan Penyidikan KPPBC Tipe Madya Pabean B Atambua, Orlando Hamonangan ketika ditemui media pekan lalu di Kantor Bea dan Cukai mengatakan, saat ini pihaknya tengah menangani kasus penyelundupan mobil antik Cadillac yang telah dilimpahkan oleh Polres Belu.

Inilah mobil Cadillac yang diselundupkan dari Timor Leste ke Atambua, Indonesia.

Inilah mobil Cadillac yang diselundupkan dari Timor Leste ke Atambua, Indonesia.

“Sementara kita tahan satu orang berinisial MS. Ini baru diduga sebagai pelaku karena kita masih dalam penyelidikan dan sedang dititip di Lapas Atambua,” ucap dia.

MS merupakan warga Mota’ain yang terlibat langsung dalam penyelundupan kasus mobil antik tersebut bersama dua orang warga lainnya. Lanjut Orlando, sementara ini pihaknya baru tetapkan satu orang dan dua orang lainnya sebagai saksi.

“Dua orang lainnya sebagai saksi dan kita sudah ambil keterangan dari keduanya,” ujar dia.

Kaitan dengan barang bukti, jelas Orlando saat ini pihaknya menitipkan sementara barang bukti mobil Cadillac di Polres Belu demi keamanan dan kelancaran sampai proses penyelidikan selesai.

Diberitakan sebelumnya, mobil Cadillac buatan Amerika Serikat tahun 1925 itu berhasil diamankan tim setelah sesaat dimasukan melalui jalan tikus (batas kali) di Dusun Beilaka, Desa Silawan, Tastim, Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL, Minggu (1/11/2015) sore sekira pukul 15.00 Wita.

Selain barang bukti tim juga berhasil mengamankan tiga orang warga yang terlibat dalam aksi illegal itu. Kasus penyelundupan mobil antik jenis Cadillac telah dilimpahkan Polres Belu ke Bea dan Cukai awal bulan November guna proses penanganan lebih lanjut. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top