RAGAM

Nilai Kejuangan Pahlawan Perlu Dilanjutkan

ATAMBUA, Kilastimor.com-Lembaga Peduli Masyarakat Timor Indonesia (LPMTI) Cabang Belu menggelar seminar refleksi hari pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 Nopember di Hotel Permata, Jumat (27/11/2015).
Seminar sehari dengan tema refleksi hari pahlawan dengan spirit dan komitmen dalam membangun Belu sebagai serambi depan NKRI, dihadiri sekira 140 peserta yang terdiri dari unsur tokoh masyarakat/adat, tokoh agama, pemuda, mahasiswa/pelajar, pimpinan LSM/Yayasan maupun jurnalis.

Inilah suasana seminar tentang kepahlawanan yang digelar LMPTI Cabang Belu, Jumat (27/11).

Inilah suasana seminar tentang kepahlawanan yang digelar LMPTI Cabang Belu, Jumat (27/11).

Seminar merefleksikan perjuangan para pahlawan menghadirkan nara sumber yang menyajikan materi, Peran Pemerintah Dalam Membangun Wilayah Perbatasan (Perspektif Kebijakan) oleh Pemkab Belu yang diwakili Kepala BPP Belu Johanes Prihatin. Potret Semangat Nilai-Nilai Kejuangan Pemuda Perbatasan (Era Kekinian) oleh Tokoh Pemuda Hendrikus Ch. Atapala.
Sementara materi peran TNI dalam membangun wilayah perbatasan oleh Wadan Yonif 744/SYB, Kapten Inf Monfi Candra, dan materi Implementasi Nilai-Nilai Kejuangan Dalam Pembangunan Perbatasan oleh Tokoh Agama Romo, Yoris Giri, Pr.

Ketua LPTMI Cabang Belu, Mariano Parada kepada media mengatakan, peringatan Hari Pahlawan merupakan peristiwa bersejarah sebagai moment penting untuk direfleksikan, mengingat jasa-jasa para pahlawan begitu besar untuk bangsa ini. Inti dari peringatan hari pahlawan adalah membangun spirit dan komitmen dalam berbangsa dan bernegara khusunya membangun Belu sebagai wilayah perbatasan RI-RDTL.

“Tujuannya menanamkan nilai-nilai kejuangan para pahlawan dan dapat diimplementasikannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Juga menyadarkan warga perbatasan akan pentingnya partisipasi aktif dalam upaya pembangunan bangsa serta menjaga keutuhan dan kedaulatan RI terutama di wilayah perbatasan RI-RDTL,” ungkap dia.

Baca Juga :   Wali Kota Dapati PTT Siram Pohon, Netizen Kota Kupang Ramai-Ramai Memuji

Dikatakan, sebagai anak bangsa wajib menghormati dan memaknai peringatan hari pahlawan sebagai ungkapan rasa syukur, dan merupakan refleksi terhadap keyakinan jati diri bangsa sekaligus menjadi inspirasi bagi kita semua untuk melanjutkan perjuangan di dalam mengisi kemerdekaan.

“Pelaksanaan peringatan hari pahlawan ini difokuskan untuk membangun kekuatan bersama yang dapat menjadi motivator dalam menyelesaikan berbagai permasalahn yang dihadapi oleh bangsa Indonesia,” pungkas Parada. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top