RAGAM

Pembangunan PLBN Motaain Telan Dana Rp 163 Miliar

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota’ain akan dibangun secara bertahap. Untuk tahun 2015 dananya Rp 82 miliar. Tahun 2016 dananya Rp 32 miliar, dan 2017 disipakan Rp 49 miliar. Untuk PLBN Motaain dibutuhkan luas lahan 8,2 Ha, sementara luas banguan mencapai 32.000 meter persegi.

Tampak gedung PLBN Motaain sedang dikerjakan.

Tampak gedung PLBN Motaain sedang dikerjakan.

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Andreas Suhono menyampaikan hal itu dalam acara ground breaking pembangunan PLBN Mota’ain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Timor Barat perbatasan RI-RDTL, Kamis (5/11/2015).

Dikatakan, proyek pembangunan PLBN Mota’ain dalam rangka mendukung program Nawacita dari Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Sementara ini ada dua pembangunan PLBN yang mulai dikerjakan yakni PLBN Entikong Kabupaten Sanggau dan Mota’ain Kabupaten Belu. Untuk lainnya masih dalam proses lelang dengan kontrak kerja sistem multiyear sehingga diharapkan selesai dalam jangka waktu 2 tahun mendatang.

Menurut Suhono, pembangunan PLBN Mota,ain dikerjakan dengan desain yang sedemikian rupa sehingga biaya pemeliharaannya harus ditekan seminimal mungkin. Pembangunan PLBN juga didukung dengan pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, penyedia air bersih, irigasi, dan juga pemukiman.

“Kepada Pemda Belu dititipkan aset negara yang ada diperbatasan negara agar bisa dimanfaatkan secara maksimal dan mampu memberikan efek yang positif bagi perkembangan perekonomian di perbatasan Belu,” harap dia. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top