RAGAM

Perencanaan Taknis Kantor Bupati Malaka Sesuai Karakteristik Rumah Adat di Malaka

BETUN, Kilastimor.com-Proses perencanaan teknis Gedung Kantor Bupati Malaka sudah sesuai representasi aspirasi masyarakat Malaka. Hal itu ditunjukkan dalam disain atap dan tampilan lain menunjukkan beberapa filosofi yang sesuai dengan kondisi riil di Malaka. Hal itu disampaikan Konsultan Perencana dan Tim Leader, Don Arakian kepada wartawan usai kegiatan seminar laporan akhir perencanaan teknis gedung kantor bupati Malaka di Betun hari ini.

Kabupaten Malaka

Kabupaten Malaka

“Dalam proses perencanaan kita sudah melalui beberapa tahapan dan proses yang dilakukan bersama seluruh tokoh masyarakat dan komponen masyarakat Malaka. Kita mengakomodir usulan dan masukan dari berbagai elemen masyarakat yang ada sehingga perencanaan yang dibuat dalam design benar-benar menggambarkan tentang situasi dan kondisi riil di masyarakat Malaka. Masalah budaya masyarakat dan karakteristik yang melekat dalam kehidupan riil masyarakat Malaka tetap diakomodir dan dimasukkan dalam proses perencanaan itu,” terangnya.

“Sosok bangunan gedung kantor bupati sudah sesuai harapan masyarakat Malaka. Langgam arsitektur sesuai dengan rumah adat Malaka. Ada filosi yang dimasukkan dan ornamen-ornamen yang merepresentasikan karakteristik orang Malaka. Konstruksinya ada 4 tiang utama dan dalam kolom ada lukisan liurai serta patung bidu sebagai ciri khan orang Malaka,” ungkapnya.

Estimasi anggarann untuk penyiapan lahan dan bangunan gedung kurang lebih Rp 72 miliyar. Khususnya untuk bangunan gedungnya saja dibutuhkan dana Rp. 50 miliar dan sisanya untuk penyiapan lahan termasuk cutting. Tugas kita hanya sampai pada tahapan perencanaan dan untuk pembangunannya tergantung political will anggaran dari DPRD mengalokasikan dana untuk merealisasi pembangunan gedung yang dimaksud,” tandasnya. (oni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top