POLITIK

Saat Sortir KPU Belu Temukan 649 Surat Suara Rusak

ATAMBUA, Kilastimor-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belu menemukan sebanyak 649 surat suara rusak akibat sobek, tercoret, dan tidak berhologram.
Surat suara tersebut dinyatakan tidak layak untuk digunakan pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Bupati-Wakil Bupati Belu pada 9 Desember mendatang.

Tiga pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Belu, bacakan ikrar kampanye damai.

Tiga pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Belu, bacakan ikrar kampanye damai.

Ketua KPU Belu, A. Marthin Bara Lay melalui juru bicara Elizabeth Botha saat dihubungi media ini, Kamis (26/11/2015) mengatakan, penyortiran surat suara telah selesai dilakukan sejak Rabu kemarin.

Dari jumlah 139.401 surat suara yang diterima, setelah disortir ditemukan ada sebanyak 649 yang dinyatakan rusak. Surat suara yang baik atau layak pakai pada Pilkada Belu hanya berjumlah 138.822.
“Dari total surat suara yang kita terima 139.401, ada 649 yang ditemukan rusak setelah disortir,” ujar Elis Botha sapaan akrabnya..

Dikatakan, dari total sebanyak 139.401 surat suara yang telah dikirim oleh penyedia barang, masih tersisa sebanyak 579 surat suara yang belum dikirim ke KPU Belu. Kebutuhan surat suara untuk pelaksanaan Pilkada 9 Desember nanti sebanyak 137.409 atau terdapat kelebihan sebanyak 1.413 surat suara, dari total 138.822 surat suara yang dalam kondisi baik.
“Karena lebih, kita tidak perlu meminta perusahaan untuk mencetak dan mengirim lagi. Kita hanya minta 579 surat suara yang belum dikirim,” katanya.

Dengan surat suara yang ada, dia memastikan losgitik berupa surat suara aman, dan pilkada Belu akan berjalan sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Untuk diketahui dalam Pilkada Belu, diikuti tiga paket, masing-masing paket Falentinus Pareira-Cyprianus Temu (Fansmu) dengan nomor urut 1, pasang Willybrodus Lay-J.T. Ose Luan (Sahabat) dengan nomor urut 2 dan paket Ventje J.R. Abanit-Bona Bowe (Venna) dengan nomor urut 3. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top