POLITIK

SAHABAT Siapkan 716 Saksi dan 1.074 Pemantau Pilkada Belu

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pilkada Belu, akan segera dihelat 9 Desember mendatang. Terkait pelaksanaan Pilkada itu, tim masing-masing paslon, mulai menyiapkan berbagai hal, salah satunya saksi dan pemantau.

Ketua Tim Kerja dan Pemenangan Paket Willybrodus Lay-Ose Luan dengan tagline SAHABAT, Jhon Atet kepada media ini, Minggu sore tadi mengatakan, paket dan tim SAHABAT siap menghadapi pilkada.

SAHABAT

SAHABAT

Salah satu persiapan yang dilakukan yakni, merekrut saksi dan pemantau. Untuk saksi tim SAHABAT mengerahkan dua orang pada masing-masing TPS. “Karena aturan memungkinkan, kita pakai dua saksi di setiap TPS,” katanya.
Disebutkan, total saksi yang dikerahkan yakni 718 saksi, pada 318 TPS di seluruh Belu.

Tidak saja saksi tambahnya, paket dan tim mengerahkan juga tiga orang pemantau pada setiap TPS, untuk memantau pelaksanaan pemungutan suara. “Pemantau bertugas melihat dan mencatat warga yang menggunakan hak suara nanti. Jika ada yang tidak sesuai, maka pemantau akan mencatatnya. Total pemantau 1.074 orang. Jadi kita siapkan saksi dan pemantau sebanyak 5 org setiap TPS. Hal ini untuk meminimalisir tindak kecurangan dalam pemungutan dan perhitungan suara di TPS,” sebutnya.

Masih menurutnya, para saksi dan pemantau yang direkrut adalah orang yang berada di TPS masing-masing, agar benar-benar menguasai wilayah, mengenal warga pada TPS masing-masing. Ini untuk meminimalisir pengerahkan warga luar, maupun tindak manipulasi dan lainnya.

Baca Juga :   Baru Satu Peserta Tes CPNS yang Lulus di Malaka

Menyoal perekrutan, dia mengatakan saat ini hampir rampung dan pada beberapa kecamatan, sedang dilakukan pembekalan terhadap saksi dan pemantau, agar mengetahui aturan dan langkah apa saja yang diambil bila ada tindak kecurangan di TPS.

Pada kesempatan itu, dia berharap agar penyelenggara Pilkada mulai dari KPPS, PPS dan PPK hingga KPU untuk bekerja sesuai aturan, dan menjaga demokrasi yang berkualitas. “Sejauh ini semua berjalan aman terkendali. Semoga semua berjalan baik dan demokratis mulai dari pemungutan, perhitungan hingga pleno ditingkat PPK maupun KPU. Mari kita jaga pesta demokrasi ini, agar benar-benar luber dan jurdil,” pungkasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top