POLITIK

Sidang Telat, Mateus Bere Bau Kritisi Pimpinan DPRD dan Penjabat Bupati

ATAMBUA, Kilastimor.com-Pembukaan sidang III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Belu tahun 2015 dengan agenda pembahasan APBD Belu, yang telah dilakukan, mendapat kritik pedas dari anggota DPRD Belu, Mateus Bere Bau.
Kritikan tersebut ditujukan kepada Pimpinan DPRD dan Penjabat Bupati Belu, di ruang sidang DPRD, Sabtu (28/11/2015) kemarin.

Januaria Ewalde Berek

Januaria Ewalde Berek

Menurut Bere Bau, sidang diulur-ulur karena tidak ada alasan pasti. Pimpinan Dewan dan eksekutif dinilai telah mengabaikan jadwal persidangan. Sementara sesuai petunjuk teknis (juknis) pusat per 30 November sudah ditetapkan APBD Belu.

“Ini informasi resmi dari Sekwan. Harusnya sidang digelar 26 November. Tapi kok sidangnya baru dilaksanakan 28 November dengan alasan dimana pejabat banyak tugas luar daerah,” ujar dia.

Pimpinan DPRD lanjut Bere Bau, ditengarai pilih kasih dalam mengeluarkan memo dengan mengabaikan sidang III pembahasan anggaran. “Kita omong memo, satu dua hari berkumpul kemudian keluarkan memo lalu berangkat tugas dan abaikan sidangnya,” ucap dia.

Menanggapi hal itu, Penjabat Bupati Belu, Wilhelmus Foni menyampaikan permohonan maaf. Pelaksanaan sidang III baru bisa dilaksanakan hari ini, karena terkait dengan pagu anggaran yang baru didapatkan pada minggu ketiga. Kemudian pemerintah melakukan penyesuaian selanjutnya baru digelar sidang pada hari ini.

Ketua DPRD Belu, Januaria Awalde Berek saat dikonfirmasi media usai sidang mengatakan, seluruh aktivitas lembaga DPRD mengaju pada tatib yang ada dan kita tidak bisa jalan sesuai dengan informasi. “Agenda DPRD sesuai tatib dan sesuai putusan Banmus sidang dilakukan hari ini,” kata dia.

Kaitan pilih kasih, Ewalde Berek menjelaskan, hal itu tidak benar dan tidak ada. Dirinya sebagai pimpinan, selalu berkoordinasi dua wakil ketua juga anggota. dari situ barulah dikeluarkan memo. “Tidak ada pilih kasih. Untuk keluarkan memo tergantung pimpinan kelengkapan usulkan program dan kami selalu merujuk pada tatib,” tandas dia. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top