HUKUM & KRIMINAL

Tim Gabungan Gagalkan Penyelundupan Mobil Antik Cadillac dari Timor Leste

ATAMBUA, Kilastimor.com-Tim gabungan dari buser Polres Belu, Resmob, Bea dan Cukai, Imigrasi serta POM Satgas Pamtas berhasil mengagalkan selundupan mobil antik jenis Cadillac warna biru putih, dari Timor Leste ke Indonesia.
Mobil buatan Amerika Serikat tahun 1925 itu berhasil diamankan tim setelah sesaat dimasukan melalui jalan tikus (batas kali) di Dusun Beilaka, Desa Silawan, Tastim, Belu, Timor Barat, perbatasan RI-RDTL, Minggu (1/11/2015) sore sekira pukul 15.00 Wita.

Inilah mobil Cadilac yang diselundupkan dari Timor Leste ke Atambua, Indonesia.

Inilah mobil Cadillac yang diselundupkan dari Timor Leste ke Atambua, Indonesia.

Demikian disampaikan Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Belu, AKBP Dewa Putra Gede Artha didampingi Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Atambua, Nyoman Ary Dharma kepada wartawan di Mapolres Belu.

Penangkapan berawal dari adanya informasi masyarakat setempat yang mencurigai adanya sebuah kendaraan truk (fuso) Nopol DH 2192 C. Setelah melakukan koordinasi dengan Bea Cukai dan tim langsung turun ke tempat kejadian perkara untuk memastikan informasi itu.

“Kita laksanakan operasi gabungan setelah lakukan pengecekan benar ada barang bukti kendaraan cadillac warna biru yang telah diselundupkan ke Indonesia melalui perbatasan Silawan. Saat itu, mobil selundupan akan dimuat ke dalam truck,” ucap Artha Minggu malam.

Menurut Artha, kasus penyelundupan mobil Cadillac tengah diamankan beserta dengan montir dan sopirnya, juga diamankan sopir kendaraan truck fuso yang akan akan dijadikan saksi dalam kasus penyelundupan tersebut.
“Kita masih kembangkan kasusnya. Mudah-mudahan kita bisa ungkap sampai siapa jaringannya,” tegas dia.

Baca Juga :   Jumlah KK Miskin di Malaka Turun. Ini Jumlahnya

“Kita sudah koordinasi dengan PNS Bea Cukai dan kita sama-sama lakukan penanganannya dan Polri akan lakukan back up,” tambah Artha.

Kepala Bea Cukai Atambua, Nyoman Ary Dharma mengemukakan, pihaknya mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada penyelundupan kendaraan yang sudah melewati batas negara dan setelah turun ke lokasi benar ditemukan satu kendaraan antik merek Cadillac yang telah diselundupkan ke Indonesia. “Kita akan kembangkan dan dalami kasus ini, soalnya kendaraan diselundupkan melalui jalan tikus,” ungkap Nyoman.

Pantauan media ini di Polres, kendaraan Cadillac warna biru putih itu diderek menggunakan kendaraan fuso dari Mota’ain karena mesinnya tidak bisa dihidupkan. Kondisi kendaraannya masih mulus. Saat diperiksa ditemukan plat tertulis 29-862 TLS.

Informasi lain yang berhasil dihimpun, kendaraan antik Cadillac akan dikirim ke Kota Depok, Bogor. Sebelumnya pekan lalu satu unit kendaraan antik lolos penyelundupan dan telah berhasil dikirim ke luar pulau Timor. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top