NASIONAL

18 Daerah di NTT Masuk Daerah Tertinggal di Indonesia

JAKARTA, Kilastimor.com-Untuk mempercepat pembangunan daerah tertinggal sebagaimana tercantum dalam Pasal 6 ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2014, Presiden Joko Widodo pada 4 November 2015 lalu, telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 131 Tahun 2015 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2015–2019.
Demikian press release yang diterima Timor Express dari Asdep Bidang Humas dan Protokol, Sekretariat Kabinet (Setkab), Alfurkon Setiawan Rabu (9/12) kemarin.

Joko Widodo

Presiden, Joko Widodo

Disebutkan, dalam Perpres itu dijelaskan bahwa daerah tertinggal adalah daerah kabupaten yang wilayah serta masyarakatnya kurang berkembang dibandingkan dengan daerah lain dalam skala nasional.
Suatu daerah ditetapkan sebagai Daerah Tertinggal berdasarkan kriteria, diantarnya, perekonomian masyarakat, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, kemampuan keuangan daerah, aksesibiltas dan karakteristik daerah.

Kriteria ketertinggalan sebagaimana dimaksud diukur berdasarkan indikator dan sub indikator. Ketentuan mengenai indikator dan sub indikator sebagaimana dimaksud diatur dengan Peraturan Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pembangunan daerah tertinggal, sebagaimana Pasal 2 ayat (2,3) Perpres tersebut.

Perpres ini jelasnya, pemerintah menetapkan Daerah Tertinggal setiap 5 (lima) tahun sekali secara nasional berdasarkan kriteria, indikator, dan sub indikator ketertinggalan daerah. Penetapan daerah tertinggal sebagaimana dimaksud dilakukan berdasarkan usulan Menteri dengan melibatkan kementerian/lembaga terkait dan pemerintah daerah.

Disebutkan, dalam hal adanya pembentukan, pemekaran, dan penggabungan daerah kabupaten, atau upaya mengatasi keadaan luar biasa, keadaan konflik, atau bencana alam, menurut Perpres ini, Presiden dapat menetapkan Daerah Tertinggal baru.

Baca Juga :   Siswa SMA Kartini Terpaksa Ikut UN Tanpa Alas Kaki

Adapun 18 daerah tertinggal di NTT sebagaimana termaktub dalam Peraturan Presiden tentang daerah tertinggal tahun 2015-2019 antara lain, Kabupaten Sumba Barat, Sumba Timur, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan; Timor Tengah Utara, Belu, Alor, Lembata, Ende, Manggarai, Rote Ndao, Manggarai Barat, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, Nagekeo, Manggarai Timur, Sabu Raijua dan Kabupaten Malaka. (fed)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top