EKONOMI

Bangun PLBN agar Indonesia Tidak Kalah Saing dengan Timor Leste

ATAMBUA, Kilastimor.com-Usai melakukan meresmikan pelaksanaan pembangunan waduk atau bendungan Rotiklot di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Belu, NTT, Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan PLBN terpadu Mota’ain di Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur yang berbatasan dengan Distric Bobonaro, Timor Leste.

Presiden Pantau Peta Pembangunan PLBN Moata'ain, Belu, NTT

Presiden Pantau Peta Pembangunan PLBN Moata’ain, Belu, NTT

Setibanya di lokasi, Presiden Jokowi didampingi Menteri PU dan PR, Basuki Hadimuljono, Gubernur NTT Frans Lebu Raya, Sekretaris Kabinet, Panglima TNI dan Kapolri juga Ibu Negara langsung menyusuri lahan guna melihat kondisi perkembangan pembangunan PLBN terpadu Mota’ain.

Terkait fasilitas pembangunan di wilayah perbatasan RI-RDTL khususnya di perbatasan Kabupaten Belu, Presiden Jokowi berjanji akan terus mendorong serta membenahi pembangunan berbagai fasilitas di sepanjang garis perbatasan.

Jelas Jokowi, hal tersebut dimaksudkan guna mempertahankan harkat dan martabat bangsa Indonesia di mata negara tetangga Republik Demokratik Timor Leste kedepan. Tegas dia, paling lambat akhir tahun 2016 nanti fasilitas umum seperti jalan raya, pembangunan perumahan bagi warga kurang mampu sudah harus tuntas.

“Akhir tahun depan sudah harus selesai, sehingga kita tidak kalah bersaing dengan negara tetangga Timor Leste.
Prinsipnya pembangunan berbagai fasilitas di perbatasan harus jauh lebih maju dan lebih baik dari negara sebelah Timor Leste,” tandas dia, Senin (28/12/2015).

Progres pembangunan PLBN terpadu Mota’ain 42 persen. Dijadwalkan peresmian PLBN Mota’ain yang menjadi pintu utama berbatasan dengan Negara Timor Leste itu pada bulan Oktober 2016

Dalam kunjungan kerjanya yang kedua ini Presiden Jokowi bersama rombongannya juga membawa rejeki akhir tahun bagi sejumlah warga Kabupaten Belu yang berdomisili di Fatuketi serta warga yang tinggal dipemukiman wilayah perbatasan Mota’ain, Desa Silawan.

Adapun selain pembagian kado Natal dan tahun baru berupa ribuan paket Sembako di lokasi ground breaking bendungan Rotiklot, mantan Walikota Solo itu juga membagi-bagikan baju kaos layak pakai dan berbagai buku kepada warga masyarakat yang memadati lokasi pembangunan waduk Rotiklot. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top