POLITIK

Kawal Suara SBS-DA, 3.220 Saksi dan Pemantau Ikut Pelatihan

BETUN, Kilastimor.com-Paket SBS-DA menggelar pelatihan bagi seluruh saksi dan pemantau yang bertugas pada setiap TPS yang tersebar di Kabupaten Malaka. Pelatihan itu dimaskudkan untuk memberikan bimbingan teknis kepada saksi untuk melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar, pada pilkada 9 Desember nanti.
Hal itu disampaikan paket SBS-DA, Markus Baria Berek kepada wartawan di Betun malam ini.

SBS-DA

SBS-DA

Dikatakan, paket SBS-DA dalam Pilkada 9 Desember nanti, mengerahkan 10 orang saksi dan pemantau pada 322 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Malaka. dari 10 orang tersebut, satu orang akan menjadi saksi didalam TPS, sedangkan 9 orang lain akan memantau jalannya pemilihan, terutama melihat para pemilih yang terdata dalam DPT Pemilih dalam menggunakan hak suaranya.

Hal ini imbuhnya, dilakukan untuk meminimalisir tidak kecurangan seperti penggelembungan suara maupun pengerahan massa yang tidak seharusnya. Pihaknya ingin pilkada Malaka berjalan Luber dan Jurdil. “Kita mau tidak mau ada tindak kecurangan terjadi dalam Pilkada Malaka. Kita semua berjalan sesuai dengan aturan. Para saksi dan pemantau akan mengawal ketat pemilihan di TPS,” sebutnya.

“Hari ini kita sudah melakukan pelatihan bagi saksi di lima kecamatan di pegunungan masing-masing Laen Manen, sasitamean, Botin Leobele, Io Kufeu dn Malaka Timur. Tanggal 6 Desember mendatang pelatihan bagi para saksi akan dilanjutkan lagi di Haitimuk bagi saksi yang menyebar di Kecamatan dataran. Kemungkinan besar dibagi lagi dalam dua termin baru tuntas,” paparnya.

Baca Juga :   Pemda Malaka Gandeng TNI/Polri Perang Terhadap Sampah

Pihaknya berharap kata Markus, melalui pelatihan itu para saksi bisa lebih terampil dan mendapatkan tambahan pengetahuan teknis untuk melaksanakan tugasnya saat pencoblosan surat suara 9 Desember mendatang. (oni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top