POLITIK

Pleno Penetapan Cabup/Cawabup Terpilih, KPU Belu Tunggu Surat dari MK

ATAMBUA, Kilastimor.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu, tiga hari lalu telah menggelar pleno rekapitulasi perhitungan suara, Pilkada Belu, 9 Desember lalu. Saat ini, KPU sedang mengupayakan pelaksanaan pleno penetapan Cabup/Cawabup terpilih.

A. Marthin Bara Lay

A. Marthin Bara Lay

Ketua KPU Belu, A. Marthin Bara Lay ketika dihubungi media ini, Minggu malam tadi mengatakan, tahapan Pilkada saat ini masuk ada penetapan Cabup/Cawabup Belu terpilih. Hanya saja, pihaknya masih menunggu surat keterangan dari Mahkamah Konstitusi (MK) apakah ada gugatan perselihan hasil pemilu (PHP) dari Paslon yang kalah dalam perolehan suara.
Jika ada, maka pleno penetapan belum dapat dilakukan, sampai adanya putusan tetap MK. Sebaliknya jika tidak ada gugatan PHP ke MK, maka pihaknya akan segera melakukan pleno penetapan. “Kita lihat besok. Jika sudah ada surat keterangan bahwa tidak ada PHP, bsok sore pun kita gelar pleno penetapan,” jelas Ama Bara Lay sapaan akrabnya.

Terpisah, Juru Bicara KPU Belu, Elisabeth Botha mengemukakan, sesuai rencana pleno penetapan Cabup/Wabup Terpilih, Willybrodus Lay-JT. Ose Luan, akan digelar besok. Namun kita masih menunggu surat keterangan dari MK, terkait ada tidaknya PHP. Kalau tidak ada PHP, maka KPU akan segera melakukan pleno penetapan.

Disebutkan, saat ini petugas KPU Belu, sedang berada di Jakarta untuk menjemput surat keterangan dari MK. Bila sudah ada, maka pleno akan segera dilakukan. Kemungkinan besok pleno bisa dilakukan.
“Menurut informasi yang kami terima, besok MK akan mengeluarkan surat keterangan. Surat keterangan diberikan ke KPU pusat, dan kemudian KPU pusat akan mengirim ke KPU pelaksana pilkada di daerah, termasuk KPU Belu. Kita tunggu saja,” pungkasnya. (yan)

Baca Juga :   Kesadaran Meningkat, Pembayaran Pajak Kendaraan di Malaka Meningkat
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top