RAGAM

Realisasi Belanja Modal 49,79 Persen

BETUN, Kilastimor.com-Realisasi Belanja Modal seluruh SKPD per 30 November 2015 sebesar 49,79 persen dan realisasi keuangan 29,3 Persen. Belanja modal untuk kabupaten Malaka hingga akhir tahun 2015 tidak akan terealisasi semuanya, karena ada kendala teknis pada Dinas PKPO yang tidak bisa mengeksekusi program DAK Pendidikan tahun 2015 sebesar Rp. 23 miliar.
Hal itu disampaikan Kabag pembangunan Setda Malaka, Yoseph Parera saat menyampaikan pemaparan dalam acara jumpa pers bersama seluruh SKPD dan Penjabat Bupati Malaka di aula Kantor Bupati Malaka, Rabu (23/12).

Persentase diatas kita hitung per 30 November. Untuk saat ini progresnya cukup bagus dan diharapkan sisa waktu Desember ini bisa dimanfaatkan secara optimal untuk merealisasi belanja modal baik kegiatan fisik maupun realisasi keuanga. “Kita tidak bisa mencapai target 100 persen karena ada belanja modal di Dinas PKPO sebesar Rp 23 miliar yang tidak bisa dieksekusi karena kendala teknis,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Kadis PPKAD Malaka, Aleks Seran mengatakan dana DAK sebesar Rp 23 miliar yang dialokasikan di dinas PKPO karena penetapan APBD mendahului juknis. Ketika juknis turun tidak sesuai harapan karena sesuai juknis 80 persen dana itu untuk kegiatan fisik dan 20 persen digunakan untuk peningkatan mutu pendidikan. Kita putuskan untuk bawa ke perubahan anggaran namun penetapan anggaran perubahan baru terjadi 27 November sehingga waktu yang tersisa tidak mungkin bisa dilakukan untuk melakukan tender bagi jasa konsultan.
“Kalau toh dipaksakan maka pekerjaan itu tetap tidak selesai sesuai dengan ketersediaan waktu yang ada dan akan berbuntut hukum,” tandasnya. (oni)

Baca Juga :   Kontraktor Janji akan Perbaiki Jalan Halilulik-Fatubesi yang Mulai Rusak
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top