RAGAM

Tekan DBD, Dinkes Kota Kupang Gelar Aksi PSN

KUPANG, Kilastimor.com-Musim penghujan dinilai rentan menimbul gangguan dan penyakit. Terutama demam berdarah dengue (DBD). Kondisi lingkungan yang kotor menjadi salah satu faktor pendukung berkembangnya nyamuk Aedes Aegypti penyebab DBD.
Demi mencegah munculnya kejadian luar biasa DBD, dalam waktu dekat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang akan mulai menggalakkan aksi pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di lingkungan permukiman masyarakat Kota Kupang.

Ari Wijana

Ary Wijana

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, dr. Ary Wijana melalui Kabid Pengamatan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sry Wahyu Ningsih, Rabu (30/12) dirungkerjanya mengatakan, musim hujan akan meningkatkan potensi timbulnya gangguan kesehatan. Salah satunya DBD .Genanagan air dan kantung-kantung penyimpanan airakan menjadi tempat pengembanganbiakan jentik-jentik nyamuk.
“Dalam mengantisipasi akan DBD di Kota Kupang,maka kami akan melakukan aksi lapangan. Salah satunya PSN,” katanya.

Ia mengatakan, dalam penerapan pembrantas nyamuk, ada tiga hal yang dilakukan yakni melalui sistim 3 M ( Menguras, menutup, dan mengubur).Untuk tahun 2015 sesuai data kasus DBD yang miliki Dinas Kesehatan, untuk tahun 2015, total kasus DBD sebanyak 196 kasus dengan rincian, 43 kasus di bulan Januari, 140 kasus di bulan Pebruari, dan delapan kasus di bulan Maret, empat kasus di bulan Oktober, serta satu kasus di bulan Desember.
“ Dari keseluruhan kasus yang terjadi di tahun 2015, sempat menyebabkan seorang penderita meninggall,” katanya.(rif)

Baca Juga :   Walau Belum Ada Keputusan Partai, Sosialisasi Paket TABE Jalan Terus
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top