POLITIK

Tidak Ada Pelanggaran Serius dalam Pilkada Malaka

BETUN, Kilastimor.com-Pelaksanaan Pilkada Malaka selama masa tenang hingga pencoblosan surat suara. Panwaslu Malaka tidak menemukan pelanggaran serius. Kalau toh ada, sifatnya hanyalah saling curiga dan saling lapor antara tim sukses tetapi langsung diklarifikasi sehingga tuntas.
Hal itu disampaikan Ketua Panwaslu Malaka, Gaspar Seran saat melakukan konferensi pers yang dihairi seluruh wartawan di Malaka di ruang kerjanya hari ini.

Gaspar Seran

Gaspar Seran

“Selama H-4, kita sudah melakukan pengawasan di lapangan selama 1 kali 24 jam. Kejadian dan pelanggaran nenonjol di lapangan. Tidak ada yang bersifat pelanggaran berat. Kita justru sering mendapatkan laporan dari masing-masing tim sukses dan panwas langsung terjun ke lapangan saat itu juga, melakukan klarifikasi dan masalah selesai. Dalam laporan itui ada tim yang mengatakan ada dugaan money politic dan kita sikapi dengan langsung melakukan klarifikasi di lapangan ternyata tidak terbukti karena tidak ada fakta dan bukti yang mengarah kearah sana,” paparnya.

“Hal lain yang menyangkut dugaan pelanggaran di TPS yang dilaporkan masyarakat langsung ditindak lanjuti. Setelah dilakukan klarifikasi terrnyata hanya kesalah pahaman soal interpretasi aturan yang sesungguhnya tidak dikategorikan pelanggaran. Kita bisa melakukan klarifikasi di lapangan dan semua persoalan yang diadukan selesai dan tidak merugiikan pelapor,” tuturnya.

“Dalam pantauan kami ternyata tingkat partisipasi warga mendatangi TPS untuk menyoblos kurang lebih 70 persen. Kami sudah cek ternyata mereka yang tidak hadir saat pencoblosan kebanyakan karena bekerja diluar Malaka dan ada juga yang sudah meninggal namun masih tercatat di DPT. Kita tetap meminta dukungan warga untuk menjaga situasi supaya tetap kondusif sehingga proses pelaksanaan tahapan pilkada yang belum terlaksana dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar,” tandasnya. (oni)

Baca Juga :   Tekan Tindak Kejahatan, Polres Kupang Sosialisasi di Pelabuhan Bolok
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top