EKONOMI

Aset Pemkab Malaka Senilai Rp 304 Miliar Belum Diinventarisir

BETUN, Kilastimor.com-Pengalihan aset dari Kabupaten Belu ke Malaka sebesar Rp 304 miliar, hingga kini belum diinventarisir. Akibatnya, BPK menetapkan Malaka dalam pemeriksaan dengan status Disclaimer.
Untuk itu pemkab Malaka dalam Tahun Anggaran 2016 akan menginventarisir semua aset yang diserahkan dari Belu ke Malaka, sehingga bisa menjadi pertimbangan BPK memberikan pendapat bagi Kabupaten Malaka kedepan.
Hal itu disampaikan Penjabat Bupati Malaka, Donatus Bere dalam rapat persiapan Pra audit BPK terhadap LKPD Kabupaten Malaka tahun 2015 di kantor Bupati Malaka, Rabu (27/1).

Tampak Penjabat Bupati Malaka, Donatus Bere sedang memimpin rapat dengan seluruh SKPD, Camat dan Kepala Desa di Malaka.

Tampak Penjabat Bupati Malaka, Donatus Bere sedang memimpin rapat dengan seluruh SKPD, Camat dan Kepala Desa di Malaka.

Aset pengalihan dari Belu ke Malaka katanya, belum dicatat sehingga kita mendapatkan opini pemeriksaan BPK Disclaimer. Itu baru salah satu alasan dan masih banyak alasan lain yang harus diperhatikan kalau mau mengubah opini itu.

“Dalam tahun ini kita upayakan secara bertahap sehingga pencatatan aset bisa dilakukan supaya persoalan ini bisa selesai. Persoalan administrasi keuangan dari seluruh SKPD termasuk dari desa, camat harus selesai dilaporkan tepat waktu dan benar,” sebutnya.

Dokumen pendukung harus komplit dan benar saat memasukan pelaporan. Yang jelas semua harus memperbaiki kinerja sehingga hasil pemeriksaan BPK bisa berubah dengan opini yang lebih baik. “Kita harus memiliki komitmen yang sama untuk menata Kabupaten ini. Kita harus bergandengan tangan membangun Kabupaten ini menjadi yang lebih baik dan maju serta berkembang. Hal itu hanya bisa dicapai dengan kerja sama dan kerja keras berbagai komponen yang terlibat dalam pengelolaan keuangan publik,” pintanya. (oni)

Baca Juga :   Bupati Belu Bagikan Kartu Keluarga Sejahtera Kepada Masyarakat Raimanuk
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top