RAGAM

Atasi Kekurangan Air Bagi Petani, Pemkab Diminta Bendung Sumber Air Weliman

BETUN, Kilastimor.com-Pemkab Malaka diminta segera membendung sumber mata air Weliman, untuk memenuhi kebutuhan air bagi petani di Kecamatan Weliman dan Malaka Barat. Pasalnya, sumber air Weliman debitnya cukup besar untuk memenuhi kebutuhan warga dua kecamatan. Hal itu disampaikan Ketua Fraksi Gerindra, Krisantus Yulius Seran kepada wartawan di Betun, Jumat (29/1).

Krisantus Yulius Bria

Krisantus Yulius Bria

“Ini solusi permanen yang bisa ditawarkan untuk mengatasi persoalan kekurangan air irigasi setiap tahun, guna mengairi sawah masyarakat di kedua kecamatan diata. Dulu, sumber mata air Weliman sangat potensial untuk mengairi seluruh areal persawahan disana dan sampai saat inipun debit air disana cukup besar, sehingga jika dibendung maka lebih produktif dan bernilai guna,” ujarnya.

Sebelumnya, sumber mata air ini dimanfaatkan secara alamiah dan mampu mengairi sebagian besar areal persawahan. Setelah dibangun saluran ternyata muncul persoalan baru karena posisi sawah lebih tinggi dari saluran yang ada. Pemerintah harus membendung sumber mata air itu sebagai cadangan air, sekaligus dapat menampung air guna dibagikan kepada masyarakat melalui sistem pengaturan air yang bagus.
Karena saluran air Weliman mengalami pendangkalan dan tidak terurus, maka airnya mengalir langsung ke laut tanpa dimanfaatkan warga secara optimal. (oni)

Baca Juga :   Pemda Malaka Perlu Hambat Pergerakan Buaya di Railor
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top