POLITIK

Belum Lengkap, Pemprov NTT Kembalikan Usulan Pelantikan Bupati/Wabup Belu Terpilih

ATAMBUA, Kilastimor.com-Usulan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Belu Terpilih, Willybrodus Lay dan J.T Ose Luan dikembalikan Biro Tata Pemerintahan Setda Provinsi NTT. Usulan dikembalikan karena ada sejumlah berkas yang diantar pihak Sekretariat DPRD Belu belum lengkap.
Adapun berkas usulan yang diantar itu hanya terdiri dokumen berita acara pleno dan SK penetapan pasangan calon (Paslon) terpilih Bupati dan Wakil Bupati Belu.

A. Marthin Bara Lay

A. Marthin Bara Lay

Informasi yang berhasil dihimpun dari sumber di Sekretariat DPRD Belu, Rabu (06/01/2016) menyebutkan, karena berkas hanya dua jenis surat, maka Biro Tata Pemerintahan Provinsi NTT, mengembalikan dan minta lengkapi dengan 21 item lainnya seperti syarat pencalonan dan persyaratan calon yang asli juga harus legalisir oleh KPU.

Selain Belu lanjut sumber itu, ada juga tiga Kabupaten TTU, Ngada dan Sabu Raijua. Malah Sabu Raijua langsung diusulkan ke Kemendagri, tanpa melalui Pemprov NTT, sehingga dikembalikan untuk diproses melalui Pemerintah Provinsi.

Terpisah Ketua KPU Belu, Marthin Bara Lay yang dikonfirmasi media membenarkan soal permintaan dari Sekretariat DPRD Belu untuk melengkapi berkas usulan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Belu terpilih, berdasarkan permintaan Biro Tatapem NTT.

“Tadi ada staf Sekwan Belu yang datang untuk minta berkas usulan pelantikan. Kita sementara perbanyak perysaratan pencalonan format model B dan persyaratan calon masing-masing,” ucap dia.

Aku Marthin, seharusnya selesai KPU menyerahkan dokumen pada 23 Desember lalu, pihak Sekretariat DPRD Belu langsung berkoordinasi tapi mereka baru datang. “Kita sudah serahkan berkas tinggal diusul kembali,” paparnya.

Sisa berkas 21 item yang harus dilengkapi untuk usulan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Belu terpilih yakni, syarat pencalonan dan persyaratan calon berupa ijazah, sejumlah surat keterangan, LHKPN, dan kelengkapan administrasi lainnya yang mencapai 21 item.

Diberitakan sebelumnya, terhitung tanggal 4 Januari 2015 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Belu telah meneruskan usulan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Belu terpilih Willybrodus Lay-J.T Ose Luan ke Pemerintah Pusat melalui Pemerintahan Provinsi Nusa Tenggara Timur. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top