RAGAM

Bere: Berkinerja Buruk, Pejabat Berpeluang Non Job

BETUN, Kilastimor.com-Estimasi Dana Silpa Tahun 2015 sebesar Rp 152 miliar. Silpa diatas disebabkan tidak terserapnya anggaran oleh beberapa dinas besar seperti Dinas PKPO, Dinas PU, Dinas Kesehatan dan beberapa SKPD lainnya.
Kondisi ini menunjukkan bahwa kinerja SKPD tidak optimal dan buruk, sehingga harus diperbaiki di tahun 2016.
Hal itu tegaskan Penjabat Bupati Malaka, Donatus Bere dalam Rapat Evaluasi Pembangunan tahun 2015 dan Rencana Kegiatan tahun 2016 khususnya untuk belanja langsung yang dihadiri seluruh SKPD Se-Kabupaten Malaka, Sabtu ( 23/1).

Logo Pemkab Malaka

Logo Pemkab Malaka

Dengan kondisi diatas, jelasnya, menandakan bahwa kinerja SKPD di tahun 2016 benar-benar buruk dan harus mendapatkan perhatian serius diperbaiki di tahun 2016. Biar sudah, Ini resiko jabatan. Sebagai pimpinan saya dianggap tidak mampu termasuk anda sekalian. Anda yang tidak mampu kerja, tetapi bagaimanapun tanggung jawab kemajuan sebuah wilayah, ada pada bupati. Saya pastikan, SKPD yang memiliki kinerja buruk akan dievaluasi dan terancam non job. Undang-Undang ASN memberi ruang untuk hal itu. Pejabat yang nakal dan macam-macam akan dinonjobkan saja,” tegasnya.

Dalam sesi dialog Kadispencapil Malaka, Ferdynandus Rame mengatakan dihadapan forum mengatakan didalam membedah soal Silpa kita jangan hanya melihat rendahnya realisasi, sehingga menyebabkan silpa. Tetapi perlu dikaji dengan memperhatikan aspek-aspek lain yang berpengaruh. Beberapa faktor lain yang bisa dijadikan sebagai indikator untuk evaluasi meliputi, lambatnya penetapan APBD, lambannya pengumuman ULP, tarik menarik kepentingan, lambannya proses tender karena masih adanya tarik menarik kepentingan, penyebaran panitia tender dan PPK tidak merata disetiap SKPD sehingga sangat sulit dikoordinasikan, mentalitas aparatur yang terlibat dalam proses menimbulkan multi tafsir. (oni)

Baca Juga :   Nai Ulu Pastikan Kembali Bangun Malaka, Jika Dipercaya Masyarakat Dalam Pilkada Nanti
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top