RAGAM

Bertugas di Beranda RI-RDTL, Pasukan Yonif 744/SYB Dibekali Senjata SS2-V1

ATAMBUA, Kilastimor.com-Batalyon Infanteri (Yonif) 744/SYB kini diperkuat dengan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) terbaru, senjata jenis Senapan Serbu 2 Varian 1 atau (SS2-V1).
Senjata buatan PT. Perindustrian Angakatan Darat (Pindad) terbaru TNI itu, telah dipegang atau digunakan oleh kesatuan organik Yonif 744/SYB atau Samodok sejak 3 bulan terakhir. Dibandingkan dengan senjata generasi sebelumnya, SS2-V1 modelnya lebih ringan dan sederhana.

Prajurit Yonif 744/SYB latihan dengan senjata SS2-V1

Prajurit Yonif 744/SYB latihan dengan senjata SS2-V1

Hal itu disampaikan Komandan Batalyon 744/SYB Letkol Inf. Yudi Gumilar kepada media disela-sela latihan menembak di lapangan tembak Tobir, Desa Manleten, Kecamatan TasTim, Kabupaten Belu, Timor Barat, Perbatasan RI-RDTL, Sabtu (16/01/2016).

Jelas Gumilar, SS2-V1 memiliki berat 3,2 kilo gram, dengan jarak tembak efektif 400 meter, jarak jangkauan 3.000 meter. Senjata terbaru buatan Pindad ini tercatat sebagai senjata milik TNI yang memenangi lomba di Amerika.

“Senjata type SS2-V1 ini akurasinya lebih bagus, lebih ringan dari SS sebelumnya dan di Batalyon kita sudah lengkap laras pendek dan panjang,” ujar dia.

Dikatakan, senjata terbaru ini diberikan langsung dari Mabes TNI kepada semua Batalyon. Khusus untuk Batalyon 744/SYB yang bertugas di wilayah perbatasan dengan Negara RDTL, alutsista ini akan memperkuat personil TNI dalam menjaga keutuhan NKRI.

Lanjut Danyon itu, latihan menembak senjata ringan yang dilaksanakan area Mako Tobir hari ini merupakan program rutinitas Batalyon setipa triwulan I, II, III dan IV dalam setiap tahunnya. “Kita gunakan SS2-V1 untuk latihan tembak hari ini. Kegiatan ini rutinitas setiap tahun sesuai program,” sebut dia.

Latihan menembak yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan dan kemampuan personil Batalyon dalam menembak. “Selain rutin, latihan ini juga ada penilain dalam rangka pengambilan nilai tembak,” pungkas Gumilar. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top