EKONOMI

Bupati Akan Evaluasi Kinerja Distan Malaka

BETUN, Kilastimor.com-Pemkab Malaka pada tahun 2016 akan mendorong peningkatan produksi Pertanian. Pemkab akan memprioritaskan pengadaan benih unggul, pupuk saprodi serta pengolahan lahan gratis bagi masyarakat. Hal itu disampaikan penjabat Bupati Malaka, Donatus Bere kepada wartawan saat melakukan evaluasi program 2015 dan perencaan program kerja 2016 di aula kantor bupati Malaka, belum lama ini.

Donatus Bere

Donatus Bere

Dinas Pertanian katanya, harus memprioritaskan program pertanian dengan memperhatikan aspek tepat waktu dan tepat sasaran. Selama dua tahun terakhir pendropingan benih, pupuk dan obat-obatan sering terlambat tiba di tangan petani, sehingga harus dievaluasi demi perbaikan kinerja Dinas Pertanian (Distan) Malaka.

Selain itu, pemerintah selalu mengalokasikan anggaran untuk pertanian, namun eksekusinya sangat terlambat dari dinas teknis. Contohnya, pupuk yang diprogramkan setiap triwulan, semuanya baru didistribusikan pada akhir tahun, sehingga sangat kontra produktif dan tidak berpihak pada kebutuhan petani.

“Kita juga akan melakukan evaluasi dan perbaikan kinerja terhadap pemanfaatan traktor besar untuk mengelola pertanian lahan kering di 3 kecamatan di Malaka. Pemanfaatan traktor besar hingga akhir tahun ini saya minta laporannya namun belum ada laporan kepada bupati. Kita harapkan pemanfaatan traktor lebih dioptimalkan sehingga bernilai guna bagi petani.

Kalau masih kurang traktor sebutnya, pemerintah akan melakukan pengadaan lagi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Pemerintah akan mengoptimalkan pengolahan lahan secara gratis supaya membantu petani sekaligus untuk mensukseskan program ketahanan pangan masyarakat. (oni)

Baca Juga :   Niat Ambil Kayu Bakar yang Dibawa Banjir, Bernadus Seran Hanyut Terbawa Banjir Sungai Talau
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top