POLITIK

Usulan Pelantikan Bupati/Wabup Terpilih Sudah di Kemendagri

JAKARTA, Kilastimor.com-Berita gembira!!!..Pemerintah Provinsi NTT, telah mengajukan berkas dan dokumen pelantikan bupati/wakil bupati terpilih dari Pemerintah Provinsi NTT. Adapun usulan pelantikan yang diterima yakni, Kabupaten Belu, Malaka, TTU, Sabu Raijua, Sumba Barat dan Ngada.
Demikian dikatakan Direktur Fasilitasi Kepala Daerah, DPRD dan Kerja Sama antar Lembaga, Ditjen Otda, Kemendagri, Anselmus Tan, ketika dihubungi, Senin (25/1) kemarin.

Anselmus Tan

Anselmus Tan

Dikatakan, dengan masuknya usulan pelantikan dari Pemprov NTT, maka pihaknya mulai memproses lebih lanjut, untuk kemudian dikeluarkan SK pengangkatan, pelantikan bupati/wakil bupati masing-masing kabupaten tersebut. “Dokumen sudah kita terima. Kita akan proses lebih lanjut,” ungkapnya.

Masih menurutnya, selain memproses dokumen usulan yang ada, pihaknya juga akan membahas lebih lanjut, jadwal pelantikan. “Nanti akan kita bahas jadwalnya,” bilang pria asli NTT itu.

Menyoal tiga kabupaten lain, masing-masing, Manggarai, Manggarai Barat dan Sumba Timur, dia menjelaskan, ketiganya masih ditunggu proses di MK. Jika sudah selesai, KPU masing-masing daerah akan menetapkan pasangan calon terpilih, dan kemudian diusulkan ke Pemprov NTT dan diteruskan ke Kemendagri. “Tiga kabupaten tu masih dalam proses di MK. Moga segera selesai, sehingga proses pengusulan bisa dilakukan KPU hingga ke Kemendagri,” pungkasnya.

Terpisah, Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah yang dihubungi media ini mengatakan, setiap Satker dalam hal ini KPU masing-masing daerah yang melaksanakan Pilkada, telah mengusulkan dokumen pelantikan ke DPRD dan Pemerintah Kabupaten setempat. “Kita sudah minta KPU yang hasil Pilkadanya tidak digugat di MK, untuk segera mengusulkan ke DPRD dan pemda. Dan semua itu sudah dilaksanakan,” bilang dia.

Baca Juga :   Ini Program yang akan Dibuat Satgas Pamtas RI-RDTL

Dengan peneyarahan dokumen pengusulan pelantikan, tambahnya, maka tugas KPU telah selesai, dan untuk proses selanjutnya ada ditangan Pemda Kabupaten/Kota, Provinsi hingga pemerintah pusat.

Saat ini urainya, pihaknya lagi mendorong KPU provinsi, kabupaten/kota lainnya, yang telah mengantongi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) untuk segera menetapkan pasangan calon terpilih, untuk kemudian mengusulkan administrasi ke DPRD dan Pemda. Untuk NTT, tiga daerah telah mengantongi putusan MK, masing-masing Sumba Timur, Manggarai dan Manggarai Barat. (fed)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top