RAGAM

Februari, Bupati/Wabup Terpilih Dilantik

JAKARTA, Kilastimor.com-Pemerintah Pusat melalui Kemendagri hingga kini belum memastikan pelantikan gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, Wali kota/wakil wali kota terpilih, termasuk enam kepala daerah terpilih di Provinsi NTT.

Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo yang dihubungi koran ini, Selasa (19/1) kemarin menyebutkan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) saat ini masih terus membahas pelantikan kepala daerah terpilih, baik provinsi, kabupaten/kota di Indonesia. “Kita sedang siapkan semua,” paparnya.

Dia memperkirakan, pelantikan kepala daerah terpilih, akan dilaksanakan pada Februari 2016 mendatang. “Kita perkirakan akan dilantik Februari mendatang. Semua tentunya disesuaikan dengan mekanisme yang ada,” paparnya.

Dia berharap, pemerintah provinsi seluruh Indonesia, segera mengusulkan berkas dan dokumen pada kepala daerah terpilih, agar diproses oleh pihaknya, sehingga bisa dilihat jadwal pelantikannya.

Terpisah, Direktur Fasilitasi Kepala Daerah, DPRD dan Kerja Sama Antar Lembaga, Ditjen Otda, Kemendagri, Anselmus Tan yang dihubungi mengatakan, hingga saat pihaknya belum menerima usulan pengangkatan dan pelantikan bupati/wakil bupati terpilih dari NTT. “Sampai sekarang usulan dari Pemprov NTT belum tiba ditangan kita,” paparnya.

Dia kembali berharap agar usulan bupati/wakil bupati terpilih sebagaimana ditetapkan oleh KPU setempat, dapat diusulkan oleh Pemprov NTT. Bila usulan telah diterima lanjutnya, Pihaknya akan segera memproses, dan bisa dibuat jadwalnya.

Menyoal rencana pelantikan sejumlah bupati yang akan dilaksanakan di istana negara, dia mengatakan hingga kini belum ada keputusan tetap soal itu. “Ini baru wacana. Nanti akan dibahas seperti apa mekanisme. Semua akan jelas ketika usulan telah masuk ke Kemendagri,” pungkasnya. (fed)

Baca Juga :   Dicoret KPU Australia, Anggota Partai Sex Posting Foto Diri
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top