RAGAM

Mei, Kemenko Maritim dan Kemenpar Gelar Tour de Flores

JAKARTA, Kilastimor.com-Pengembangan pariwisata di NTT, khususnya di Pulau Flores terus mendapat perhatian pemerintah. Tidak saja pengembangan infrastruktur, namun juga penyiapan even untuk menarik wisatawan domestik maupun internasional. Salah satu langkah nyata yang dilakukan pemerintah yakni pelaksanaan even Tour de Flores, yang direncanakan berlangsung pada Mei 2016 mendatang.

Rizal Ramli

Rizal Ramli

Menteri Koordinator Kemaritiman RI, Rizal Ramli yang diwawancarai media ini, usai rapat koordinasi (Rakor) dengan Pemerintah Provinsi NTT, para bupati dan ketua DPRD se-daratan Flores Kamis (28/1) di ruang rapatnya mengatakan, Labuan Bajo, Flores, NTT, menjadi salah satu sari 10 destinasi wisata di Indonesia. Karena itu, dalam lima tahun kedepan akan dibangun infrastrukturnya.

Pemerintah sebutnya, telah membangun internasional airport di Labuan Bajo, dan kedepan bisa didarati pesawat berbadan lebar. Selain itu, akan dibagun juga jaringan air bersih dan fasilitas publik lainnya.
Sebagai daerah destinasi wisata, katanya, pihaknya membuat gebrakan dengan menyelenggarakan evan internasional yakni Tour de Flores. “Kegiatan ini lomba bersepeda internasional ini, sebagai bentuk promosi pariwisata di seluruh daratan Flores yang memiliki berbagai keunikan alam dan adat istiadat,” paparnya, seraya menambahkan tour ini akan melewati sejumlah kabupaten, mulai dari Flores Timur hingga Labuan Bajo.
“Kita bersyukur karena Pemprov NTT dan Pemkab didaratan Flores menyatakan dukungannya, dan siap menyukseskan even internasional tersebut,” bilangnya.

Baca Juga :   Tipikor Polres Belu Puldata dan Pulbaket Cetak Sawah Baru di Fatuba'a

Wakil Gubernur NTT, Benny Litelnoni kepada koran ini mengatakan, pihaknya memberi apresiasi kepada Menko Maritim, Rizal Ramly dan Menteri Pariwisata,…yang menginisiasi pelaksanaan Tour de Flores yang berskala internasional.

Pemprov mendukung langkap promosi pariwisata melalui even olahraga ini, dan siap menganggarkan dana untuk pelaksanaan Tour de Flores. “Tadi semua bupati dan ketua DPRD se-daratan Flores juga menyatakan kesiapan anggaran untuk menyiapkan even itu,” paparnya.

Senada, Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno menyebutkan, DPRD NTT mendukung kegiatan yang digagas Kemenko Kemaritiman dan Kementerian Pariwisata. Diharapkan dengan Tour de Flores, memberikan nilai tambah dalam percepatan pembangunan pariwisata, infrastruktur seperti jalan, jembatan dan air bersih, serta perhotelan juga bertumbuh ekonomi kreatif. “Kita berharap ini menjadi even internasional tahunan,” tutur politisi Golkar itu.

Ketua Panitia Nasional Tour de Flores, Primus Dorimulu mengatakan Tour de Flores bukan fun bike, namun seperti Tour de France, Tour de Ijen serta Tour de Singkarak, dengan penilaian yang ketat. United Cycling InternasionaI (UCI) yang melakukan penilaian, termasuk survey lokasi.

Kadis Pariwisata NTT, Hilarius Jelamu mengatakan, even Tour de Flores tidak semata even olahraga, namun merupakan even promosi pariwisata. Karena itu, butuh dukungan seluruh pemda dan masyarakat kabupaten se-daratan Flores. “Pihaknya akan berkoordinasi untuk menyiapkan acara disetiap etape, guna memperkenalkan seni budaya masyarakat Flores, termasuk memperkenalkan berbagai obyek wisata disetiap kabupaten,” imbuhnya.

Baca Juga :   Isi Liburan, Mahasiswa Lasiolat Gelar Penghijauan

Bupati Flores Timur, Yosni Herin mengatakan Larantuka sebagai titik star maka pihaknya akan mempersiapkan segala sesuatu dengan baik, agar bisa memberikan kesan yang baik bagi para peserta Tour de Flores. Pihaknya akan menggabungkan Festival Budaya Lamaholot dengan Tour de Flores pada Mei mendatang. “Kita baru tau dan kita siap sukseskan even internasional ini,” pungkasnya.
Hadir pada kesempatan itu, Bupati Ende, Bupati Sikka, Bupati Flotim, Bupati Negekeo, Bupati Lembata, Manggarai, Bupati Manggarai Timur, sejumlah Ketua DPRD, Kepala Bappeda NTT, para Kepala Dinas Pariwisata kabupaten se-daratan Flores. (fed)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top