RAGAM

Satgas Pamtas-UPF: Perbatasan Indonesia-Timor Leste Paling Aman di Dunia

ATAMBUA, Kilastimor.com-Unidade de Patrulhamento de Fronteiras (UPF) Timor Leste yang bermarkas di Batugade beserta terus membangun kerja sama dan koordinasi dengan Satgas Pamtas RI-RDTL.
Kamis (14/1) pagi tadi, Komandan, perwira dan anggota UPF, berkunjung ke Markas Komando Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 725/Woroagi di Sesekoe, Kelurahan Umanen, Kecamatan Atambua Selatan, Kabupaten Belu, Timor Barat, NTT, Indonesia.

Komandan Satgas Pamtas RI dan Komandan UPF Timor Leste Tukaran Cendramata.

Komandan Satgas Pamtas RI dan Komandan UPF Timor Leste Tukaran Cendramata.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif 725/WRG Mayor Inf. Norman Syahreda mengatakan, kunjungan UPF ke Mako Satgas hari ini berkaitan dengan silaturahmi, sekalian membicarakan mengenai pertahanan keamanan di perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

Menurut Nurman, mudah-mudahan ditahun 2016 ini Satgas Pamtas RI-RDTL bersama UPF Timor Leste bisa tingkatkan kerja sama di wilayah perbatasan. Selain itu juga meningkatkan kerjasama di bidang lainnya yang dapat meningkatkan koordinasi antar aparat juga masyarakat di sepanjang garis perbatasan kedua negara.

“Melalui kegiatan silaturahmi ini Satgas Pamtas kedua negara bisa pererat hubungan kerja yang lebih baik lagi, demi terciptanya keamanan di tapal batas,” ujar dia.

Lanjut Nurman, hal-hal yang menjadi benih konflik akan kita manamalisir yang merugikan Indonesia dan Timor Leste. “Kegiatan silaturahmi ini juga bagian dari antisipasi kita terhadap hal-hal yang berkaitan dengan aksi penyelundupan baik dari Indonesia ke Timor Leste maupun sebaliknya,” kata Dansatgas itu.

Baca Juga :   Elly Wairata Diusulkan jadi Penjabat Sekda Kota Kupang

Sementara itu, Komandan UPF, Superintendente Assistente Policia, Mayor, Joao Sancho Pires menuturkan, di tahun kedua 2016 ini hubungan kedua Satgas Pamtas di wilayah batas akan lebih dan tentunya semakin kuat demi terciptanya keamanan dan perdamaian di wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

“Pertemuan hari ini dapat menambah nilai persaudaraan dan terhindar jauh dari hal-hal yang dapat merusak hubungan kedua aparat satgas di batas. Oleh karena itu kedua aparat satgas harus selalu membangun komunikasi dan koordinasi yang baik untuk terciptanya keamanan,” bilang Pires.

Dikatakan, perbatasan Indonesia dan Timor Leste adalah perbatasan yang teraman di dunia. Sejauh ini di wilayah perbatasan kedua negara tidak timbul masalah atau konflik.

“Di batas RI-RDTL tidak ada masalah. Melalui pertemuan hari ini kita akan lebih tingkatkan hubungan kerjasama aparat keamanan kedua negara di wilayah batas,” harap Pires. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top