RAGAM

Yonif 744/SYB Bakal Jadi Satuan Raidersus

ATAMBUA, Kilastimor.com-Batalyon Infanteri (Yonif) 744/Satya Yudha Bhakti (SYB) merupakan kesatuan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bermarkas di Tobir, Desa Manleten, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Timor Barat, Perbatasan NKRI-RDTL.
Kesatuan yang akrab disapa Sivava atau yang dijuluki Samodok yang berdiri sejak tanggal 24 Januari 1978 silam itu direncanakan bakal ditingkatkan dari satuan Batalyon 744/SYB menjadi satuan Raidersus.

Letkol Inf. Yudi Gumilar

Letkol Inf. Yudi Gumilar

“Satuan Yonif 744/SYB akan jadi satuan Raidersus,” ujar Komandan Yonif 744/SYB, Letkol Inf. Yudi Gumilar didampingi Wadanyon dan perwira kepada media usai latihan menembak di Mako Tobir, Sabtu (16/01/2016).

Menurut Gumilar, direncanakan satuan Raider dalam Komando Daerah Militer (Kodam) IX/Udayana akan jadi dua yakni, satuan Raider 900 di Bali dan Raidersus Yonif 744/Yudha Bhakti di Belu, dalam konteks wilayah yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste.

“Harusnya jumlah personil Batalyon 1.039 sesuai TOP 2008. Personil kita yang akan ikut pelatihan Raider sebanyak 750 dan akan berangkat pada bulan Maret mendatang,” ucap dia.

Lanjut Gumilar, latihan personil Raider akan dilaksanakan di Pusat Pendidikan Pasukan Khusus (Pusdikpassus) Batu Jajar, Jawa Barat. “Latihannya berlangsung di Pusdik Passus selama tiga bulan untuk meningkatkan kekuatan pasukan Raider,” terang Gumilar.

Tambah Gumilar, nantinya ada kualifikasi prajurit Raider seperti satuan gultor juga lainnya yang mana diketahui memiliki kemampuan sebagai pasukan anti-teroris, serta keahlian-keahlian khusus lainnya dalam bertempur.

Baca Juga :   Ose Luan Merasa Enjoy Berpasangan dengan Willy Lay, untuk Sejahterakan Rakyat

Bagaimana tanggapan anda? silahkan berkomentar dibawa ini. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top