EKONOMI

2016, Kuota Pengantarpulauan Sapi dari Malaka 4.000 Ekor

BETUN, Kilastimor.com-Ini peluang bagi peternak di Kabupaten Malaka. Pemerintah Provinsi NTT, menetapkan kuota sapi antar pulau dari Kabupaten Malaka tahun 2016 sebanyak 4.000 ekor. Namun untuk mengantar pulaukan sapi dari Malaka keluar harus memenuhi beberapa kriteria sesuai syarat yang ditentukan.
Hal itu disampaikan Kabid Peternakan, Elisabeth Laan menjawab pertanyaan anggota DPRD Komisi II, Emanuel Wempi saat acara RDP dengan mitra komisi di Dinas Pertanian di Betun, belum lama ini.

Elisabeth Laan

Elisabeth Laan

“Kuota pengiriman sapi dari Malaka tahun 2016 sejumlah 4.000 ekor. Untuk menggirim sapi keluar daerah masyarakat harus memenuhi beberapa persyaratan dan kriteria yang sudah diatur pemerintah. Silahkan datang ke dinas untuk melihat kriteria,” jelasnya.

Menyawab pertanyaan DPRD terkait program Inseminasi Buatan (IB) di Malaka, Elisabeth Laan mengatakan salah satu kendala di bidang peternakan dalam IB karena N2 cair sulit sekali didapatkan. “Tahun 2016 kita hanya bisa melakukan IB pada 412 ekor sapi. Kalau lebih dari itu tidak bisa, karena sapi yang dilepas tidak bisa di IB. Kita sangat kesulitan melakukan IB juga karena N2 Cair sulit didapatkan karena pengadaannya tidak kontinyu dan tidak ada barangnya. Kalau toh ada, terpaksa dibatalkan karena bibitnya sudah mati,” tandasnya. (oni)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top