HUKUM & KRIMINAL

Buser Polres Belu Amankan Kayu Hasil Illegal Loging

ATAMBUA, Kilastimor.com-Tim Buru Sergap (Buser) Polres Belu berhasil mengamankan dua truk, yang mana salah satu truk bermuatan kayu hasil illegal loging di Halisikun, Kecamatan Tasifeto Barat, Minggu (31/01/2016) malam.

Inilah kayu hasil illegal loging yang diamankan Polres Belu.

Inilah kayu hasil illegal loging yang diamankan Polres Belu.

Kapolres Belu, AKBP Dewa Putu Gede Artha melalui Kasatreskrim AKP Jefrris Fanggidae yang dihubungi media, Senin (01/02/2016) mengatakan, peristiwa pengamanan sekitar pukul 20.30 Wita malam. Saat pihaknya mendapat informasi dari masyarakat Halisikun bahwa ada dua unit kendaraan truk yang mengankut kayu dari kawasan hutan lindung, pihaknya langsung bergerak. “Kita dapat informasi dari warga dan setelah itu anggota buser langusng turun ke lokasi,” ujar dia.

Lanjut FanggidaE, saat tiba dicabang Halisikun pihaknya melihat ada dua kendaraan truk yang sedang beriringan, dimana kendaraan truk bak biru (mobil bantuan operasional) hino nopol DH 2145 CE dan dum truk kuning nopol DH 9470 AE tengah melaju.

“Saat mau ditahan, kedua sopir truk langsung melarikan diri, hanya tinggal seseorang dan setelah kita cek di mobil hino ada muat kayu jati. Kita introgasi dan diakui betul kau dolgen itu diangkut dari hutan Halisikun,” urai dia.

Dikatakan, usai diamankan kasus tersebut langsung dilaporkan ke Kapolres, selanjutnya Kapolres segera perintahkan untuk melakukan pengembangan benar tidaknya kayu tersebut diangkut dari dalam hutan kawasan lindung dan siapa pemilik kendaraan. “Kasusnya sementara dikembangkan dan kita harap besok bisa dapatkan pelakunya,” ucap FanggidaE.

Baca Juga :   Stef Bria Seran Yakin Bisa Ikut Pilkada Malaka

Ditambahkan, tahun 2015 lalu, Polres Belu telah berhasil menangani dua kasus ilegal loging dan di awal tahun 2016 satu kasus ilegal loging.

Sementara itu terkait dengan kasus pencurian kayu di wilayah Lelowai, jelas FanggidaE pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap para saksi dan kini tinggal menjemput tersangkanya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top